Penting! 5 Deretan Orang Berikut Dilarang Menggunakan Plester Mulut Saat Tidur Loh - Ide Nasional

Breaking

Friday, July 12, 2019

Penting! 5 Deretan Orang Berikut Dilarang Menggunakan Plester Mulut Saat Tidur Loh

Belum lama ini ada seorang penyanyi bergenre jazz yaitu Andien yang mengenalkan kepada publik tentang plester mulut saat tidur. Andien mengungkapkan di akun Instagram pribadinya, bahwa dia sudah beberapa bulan mencoba tidur dengan keadaan mulut diplester. Dan itu semua merupakan bagian dari latihan Buteyko Breathing.

Apa Sih Metode Buteyko Breathing ?

Metode Buteyko Breathing telah lebih dari 40 tahun dikembangkan oleh professor Konstantin buteyko. Merupakan pola pernafasan yang sehat dan bertujuan untuk menjaga rasio oksigen dan karbondioksida dalam aliran darah. Buteyko Breathing menekankan penggunaan organ hidung saat bernafas guna menghindari hiperventilasi kronis.

Pemilik nama lahir Andini Aisyah Hariadi ini mengaku mendapatkan banyak manfaat setelah menjalani metode ini. Diantaranya tidur menjadi lebih nyenyak dan menghilangkan batu-batuk yang kerap terjadi di malam hari.

Professor Faisal Yunus, pengajar Pulmonology dan Kedokteran Respiratori FKUI menjelaskan bahwa kegiatan bernafas memang seharusnya dilakukan melalui hidung, bukan mulut.

“Diusahakan membiasakan bernafas lewat hidung. Kalau dengan hidung, udara akan disaring, diproteksi dari bahan berbahaya” ucap Prof.Faisal ketika dihubungi CNNIndonesia.com pada kamis 11 juli 2019.

Plester mulut saat tidur baik dilakukan tetapi dengan catatan tertentu. Prof. Faisal tidak menyarankan untuk orang yang kesulitan bernafas karena penyakit tertentu. Diantara penyakit yang dimaksud yaitu:

1. Influenza

Orang dalam kondisi penyakit ini kebanyakan mengalami kesulitan dalam bernafas akibat hidung mereka tersumbat, maka lebih baik tidak memplester mulut saat tidur

2. Polip Hidung

Pengidap polip hidung juga tidak boleh melakukan plester saat tidur, karena adanya peradangan saluran pernafasan memungkinkan penderita ini kesulitan bernafas. Semakin besar ukuran polip semakin membuat sulit bernafas.

3. Sinusitis

Sinusitis adalah peradangan yang terdapat pada dinding sinus. Ciri-cirinya dapat dilihat dari hidung sering tersumbat, nyeri di wajah, dan pembengkakan pada bagian mata.

4. Riitis Alergi

Nama lain dari hay fever ini merupakan inflamasi hidung saat system imun bereaksi terhadap alergan di udara.

5. Deviasi Septum Nasal

Merupakan kondisi seperti dinding yang membagi rongga hidung menjadi dua bagian. Dan membuat penderitanya sulit bernafas.

Apabila mengalami kondisi permasalahan pernafasan diatas, Prof. Faisal memberi saran untuk tidak mencoba plester mulut.

“Plester mulut boleh saja, tapi yang belum terbiasa mungkin agak kesulitan. Kecuali orang yang agak susah bernafas lewat hidung sebaiknya enggak dulu” ucap Prof. Faisal

Walaupun hanya pengidap penyakit pernafasan diatas yang dilarang keras melakukan plester mulut, Prof. Faisal juga mengakui bahwa plester mulut saat tidur termasuk cara yang bias dikatakan ekstrem untuk melatih pernafasan hidung.

Wah dear hati-hati ya kalo udah berhubungan dengan pernafasan. Kalau mau melakukan apa yang dilakukan Andien sebaiknya dibawah pengawasan ahlinya ya, biar aman.

health

andini-aisyah-hariadi,buteyko-breathing,metode-buteyko-breathing,mulut-diplester,plester-mulut

andini-aisyah-hariadi,buteyko-breathing,metode-buteyko-breathing,mulut-diplester,plester-mulut


Artikel yang berjudul “Penting! 5 Deretan Orang Berikut Dilarang Menggunakan Plester Mulut Saat Tidur Loh” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment