MK Tetapkan 3 Panel Hakim untuk Sengketa Pileg 2019 - Ide Nasional

Breaking

Tuesday, July 2, 2019

MK Tetapkan 3 Panel Hakim untuk Sengketa Pileg 2019

Ide Nasional, Jakarta Kepala Bagian Humas dan Hubungan Dalam Negeri Mahkamah Konstitusi (MK) Fajar Laksono mengatakan, Mahkamah telah menetapkan tiga Panel Majelis Hakim Konstitusi yang akan memeriksa perkara sengketa hasil Pemilu Legislatif 2019.

“Pemeriksaan perkara akan dilakukan oleh tiga Panel Majelis Hakim yang masing-masing terdiri atas 3 orang Hakim Konstitusi,” ujar Fajar di Gedung Mahkamah Konstitusi Jakarta, Rabu (3/7/2019).

Panel pertama terdiri atas Anwar Usman selaku ketua, dengan anggota Enny Nurbaningsih dan Arief Hidayat. Panel II diketuai oleh Aswanto, dengan anggota Saldi Isra dan Manahan M.P. Sitompul.

Untuk Panel III diketuai oleh I Dewa Gede Palguna, dengan anggota Suhartoyo dan Wahiduddin Adams.

“Agenda Sidang Pemeriksaan Pendahuluan akan diselenggarakan pada Selasa (9/7) hingga Jumat (12/7) pekan depan,” jelas Fajar seperti dikutip Antara.

Untuk pemanggilan Sidang Pemeriksaan Pendahuluan dikatakan Fajar telah disampaikan kepada para pihak pada Selasa kemarin.

Pada Senin 1 Juli lalu, MK telah meregistrasi 260 perkara sengketa hasil Pileg 2019, dengan mencatat permohonan ke dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) dan penyampaian Akta Registrasi Perkara Konstitusi (ARPK) kepada para pemohon.

Mahkamah hingga akhir Mei menerima 340 permohonan perkara sengketa hasil Pileg, namun hanya 260 yang diregistrasi.

Jumlah 260 ini didapatkan setelah dalam verifikasi berkas permohonan yang dilakukan, Mahkamah menemukan sejumlah permohonan yang diajukan oleh partai politik yang sama dalam satu provinsi.

 


Artikel yang berjudul “MK Tetapkan 3 Panel Hakim untuk Sengketa Pileg 2019” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment