MK Siapkan Tiga Panel Hakim Sengketa Pemilu Legislatif 2019 - Ide Nasional

Breaking

Wednesday, July 3, 2019

MK Siapkan Tiga Panel Hakim Sengketa Pemilu Legislatif 2019

Rabu (03/07/219), Fajar Laksono sebagai ketua MK mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan tiga Panel Hakim yang akan bertindak untuk memeriksa lebih lanjut mengenai sengketa Pemilu Legislatif tahun 2019.

Diduga bahwa penyelenggaraan pemilu Legislatif tahun 2019 ini banyak mengandung unsur kecurangan. Untuk itu MK mengambil tindakan untuk memeriksanya kembali. Dalam pemeriksaan ini dibentuk tiga Panel Hakim oleh MK yang akan berperan untuk menangani kasus sengketa Pemilu tahun 2019.

Setiap Panel Hakim akan memiliki kebijakan dan pertimbangnya masing-masing. Untuk bisa memutuskan dengan lebih baik dan penuh pertimbangan sehingga dibutuhkan tiga pemikiran agar keputusan bisa lebih matang. Sidang pendahuluan akan dimulai pada selasa (09/07/2019) dan hingga hari jumat (12/07/2019).

Agenda ini sudah diberitahukan kepada para pihak yang terkait. Sudah ada 260 perkara yang terdaftar dan berkaitan dengan Pemilu Legislatif tahun 2019. Hingga akhir Mei diketahui bahwa Mahkamah telah menerima 340 permohonan terkait perkara Pemilu Legislatif tahun 219. Namun hanya 260 yang terdaftar. Seluruh kasus yang sudah terdaftar di Mahkamah Agung dibahas satu persatu hingga selesai.

260 perkara yang terdaftar merupakan perkara yang sudah melewati prosedur verifikasi dokumen. Kebanyakan perkara yang masuk ke Mahkamah berasal dari sebuah partai politik yang sama dan masuk di dalam jangkauan daerah yang sama juga.

Batas waktu yang ditentukan oleh Mahkamah untuk bisa menyelesaikan sengketa terkait hal tersebut adalah dalam 30 hari setelah perkara terdaftar. Sehingga keputusan akan keluar maximal pada tanggal 9 Agustus 2019. Mahkamah membutuhkan waktu yang lama karena memang kasus yang terdaftar cukup banyak.

Dalam waktu 30 hari tersebut Mahkamah akan melakukan penyelidikan tentang barang bukti dan saksi terkait perkara tersebut. Para Hakim juga akan berunding dan melakukan pertimbangan agar hasil bisa sesuai. Saat ini memang banyak sekali masalah yang sudah banyak masuk ke Mahkamah mengenai Pemilu 2019.

Untuk itu pihak Mahkamah harus teliti dan menangani kasus ini dengan baik. Hasil keputusan ini akan berpengaruh penting untuk kelanjutan partai politik ataupun orang yang terkait di dalamnya.

featured,politik

hakim,mahkamah-konstitusi,mk,pemilu,pemilu-legislatif-2019,politik,sengketa-pemilu-2019,tiga-panel-hakim

hakim,mahkamah-konstitusi,mk,pemilu,pemilu-legislatif-2019,politik,sengketa-pemilu-2019,tiga-panel-hakim


Artikel yang berjudul “MK Siapkan Tiga Panel Hakim Sengketa Pemilu Legislatif 2019” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment