Kurangi Sampah Plastik, Selandia Baru Canangkan Aturan Baru - Ide Nasional

Breaking

Tuesday, July 2, 2019

Kurangi Sampah Plastik, Selandia Baru Canangkan Aturan Baru

Perubahan iklim menjadi isu penting dunia dalam beberapa tahun terakhir. Berbagai cara dilakukan, mulai dari hemat energi hingga pengurangan sampah plastik. Baru-baru ini, Selandia Baru mulai memberlakukan aturan kantong plastik. Negara indah tersebut menghimbau warganya untuk tidak lagi menggunakan kantong sekali pakai.Tak tanggung-tanggung, aturan tersebut menjerat pelakunya dengan sanksi denda hingga mencapai NZ$100 ribu atau setara Rp 945 juta.

Undang-undang terkait penggunaan kantong plastik sekali pakai sebenarnya telah disahkan pada Agustus 2018 lalu. Namun penerapannya baru dilaksanakan pada awal Juli 2019, yakni Senin (1/7) kemarin. Pencanangan undang-undang sendiri sebenarnya tidak berdampak besar bagi masyarakat Selandia Baru. Pasalnya masyarakat negeri Kiwi tersebut sudah lebih dahulu hijrah dari kantong plastik sekali pakai sejak lama.

Banyak supermarket maupun pusat perbelanjaan yang mengganti bahan plastik yang digunakan. Sebagian besar malah beralih pada plastik daur ulang atau berbahan lain, seperti kanvas dan kain. Hal tersebut tentu saja patut dicontoh oleh negara-negara lainnya di dunia. Guna mengurangi konsumsi sampah dunia, gaya hidup juga harus diubah. Hindari penggunaan produk plastik secara berlebihan agar tak mencemari lingkungan.

Eugenie Sage, Menteri Lingkungan Hidup Selandia Baru mengkonfirmasi penerapan undang-undang tersebut pada hari ini, Selasa (2/7). Dirinya mengatakan bahwa rakyat Selandia Baru patut berbangga diri. Negara yang dikenal hijau dan bersih tersebut kini mulai mengubah kebiasaan buruk mereka. Pemerintah akan terus mengupayakan pelaksanaan undang-undang berjalan lancar untuk hemat kantong plastik.

Usai pemberlakuan undang-undang ini, pemerintah Selandia Baru berencana mencari solusi untuk mendaur ulang sampah plastik. Hingga saat ini, sampah plastik memang masih menjadi fokus dunia dalam menangani perubahan iklim. Disebut-sebut ribuan ton sampah plastik mulai mencemari kehidupan laut bebas. Setidaknya sebanyak 100 ribu binatang laut harus mati atau terluka setiap tahunnya. Banyak spesies burung yang terancam punah karena produksi sampah plastik yang membludak.

Ekosistem kini mulai terancam dengan gaya hidup manusia seperti ini. Pemerintah Selandia Baru berupaya penuh membantu hal tersebut. Mulai dari sekarang untuk masa depan yang lebih baik.

Sumber: cnnindonesia.com

featured,internasional

aturan-kantong-plastik,plastik,sampah,sampah-plastik,selandia-baru

aturan-kantong-plastik,plastik,sampah,sampah-plastik,selandia-baru


Artikel yang berjudul “Kurangi Sampah Plastik, Selandia Baru Canangkan Aturan Baru” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment