Kasus Pelindo Kembali Dibuka, KPK Periksa Saksi Ahli - Ide Nasional

Breaking

Tuesday, July 2, 2019

Kasus Pelindo Kembali Dibuka, KPK Periksa Saksi Ahli

Juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah pagi tadi (Senin, 1/7) memberi sinyal terkait kasus Pelindo. Sebelumnya diketahui kasus tersebut sempat mandek sejak 2015 lalu, saat RJ Lino ditetapkan sebagai tersangka. Hal tersebut dikarenakan adanya kerjasama internasional PT Pelindo yang masih berjalan. Terdapat oin dalam perjanjian yang menghambat proses pemeriksaan terhadap tersangka, sehingga memakan waktu yang cukup lama

Meskipun sempat mangkrak, kasus Pelindo akhirnya dibuka kembali. Dua orang saksi dipanggil ke gedung KPK untuk memberikan keterangan. Saksi tersebut merupakan ahli K3 (Keamanan, Kesehatan, dan Keselamatan Kerja). Keduanya berasal dari PT Biro Klasifikasi Indonesia, yakni Suismono dan Akhmad Muliaddin. Mereka dipanggil untuk melengkapi berkas kasus pengadaan Quay Container Crane (QCC).

RJ Lino sebagai dirut PT Pelindo II diketahui telah merugikan negara sebanyak 47 miliar. Proyek tersebut melibatkan perusahaan asal Tiongkok sebagai produsen QCC, yakni PT Wuxi Hua Dong Heavy Machinery (HDHM). Pemeriksaan awal membuktikan adanya dugaan korupsi yang dilakukan oleh RJ Lino. Hingga saat ini kasus RJ Lino masih dalam tahap penyidikan setelah 3 tahun ditangani KPK.

Febri Diansyah sendiri menyatakan bahwa banyak kasus besar yang menjadikan dugaan korupsi ini sempat terhenti. Terhitung sejak 2015, kasus tersebut belum dilimpahkan juga ke pengadilan. Meskipun demikian, Febri menegaskan kinerja KPK tetap maksimal dalam mengungkap kasus-kasus korupsi di negeri ini. Semua kasus tentu tergantung pada arahan pemimpin KPK. Tapi pastinya setiap kasus dugaan korupsi akan diusut tuntas agar menjadi pembelajaran bagi pihak lain.

Wacana penyelesaian kasus RJ Lino sendiri sebenarnya telah diungkap oleh pimpinan KPK, Agus Rahardjo. Dalam sesi wawancara pada Desember lalu, dirinya sempat menyatakan lampu hijau. Kasus penyidikan akan dibuka kembali pada awal tahun 2019, namun baru terlaksana di pertengahan tahun ini. Pihaknya akan memanggil saksi-saksi yang terlibat dalam kasus pengadaan QCC Pelindo. Keterangan para saksi akan membantu KPK menyeret RJ Lino ke pengadilan. Bagaimanapun KPK benar-benar membuktikan kinerjanya untuk memberantas tindak korupsi. Terlebih mengungkap kerugian negara oleh para koruptor tanah air.

Sumber: cnnindonesia.com

featured,hukum-kriminal

kasus-pelindo,kpk,pt-pelindo,rj-lino,saksi-pelindo

kasus-pelindo,kpk,pt-pelindo,rj-lino,saksi-pelindo


Artikel yang berjudul “Kasus Pelindo Kembali Dibuka, KPK Periksa Saksi Ahli” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment