China dan Amerika Serikat Capai Kata Sepakat di KTT G20 - Ide Nasional

Breaking

Tuesday, July 2, 2019

China dan Amerika Serikat Capai Kata Sepakat di KTT G20

Pada hari Senin 1 Juli 2019, Moody’s Lembaga Pemeringkat Internasional menyatakan bahwa Amerika Serikat dan China tidak melakukan perang dagang. KTT G20 berhasil dihelat di Osaka, Jepang pekan lalu. Pertemuan internasional tersebut membahas isu-isu ekonomi yang tengah terjadi. Pada kesempatan tersebut, presiden Amerika Serikat, Donald Trump dan Xi Jinping (Presiden China) menjalin kerjasama. Kedua negara tersebut menyepakati kebijakan yang menguntungkan perekonomian dua belah pihak. Trump dan Jinping sepakat memperbaiki hubungan kedua negara yang sempat memanas.

Sebelumnya diketahui, China dan Amerika Serikat bersitegang terkait kebijakan ekspor impornya. Baik Amerika maupun China menerapkan harga tinggi untuk barang-barang asal dari kedua negara. Tarif impor dan ekspor dari dan menuju kedua negara mencekik para pelaku bisnis. Dalam pertemuan tersebut, keduanya sepakat untuk mengakhiri perseteruan yang terjadi. Setidaknya Trump dan Jinping akan membatalkan kebijakan tarif ekspor dan impor dari kedua negara.

Sebuah lembaga pemeringkat internasional, Moody’s menyampaikan analisisnya terkait kesepakatan dua negara tersebut. Moody’s menyebutkan adanya perbaikan pertumbuhan ekonomi di pasar global dalam waktu dekat. Tentunya pasar keuangan akan kembali membaik dengan menghilangnya sentimen negatif dari masyarakat dunia. Moody’s juga menjelaskan adanya perbaikan ekonomi pada kedua negara. Diperkirakan China akan mengalami pertumbuhan ekonomi sekitar 0,2 %, sementara Amerika Serikat sebanyak 0,1%.

Kebijakan yang diambil oleh kedua negara tentu bukan tanpa alasan. Mengingat keduanya kini tengah menjadi raksasa ekonomi di dunia. China menguasai perekonomian dunia dengan ekspansi ekspor barang-barang dalam negerinya. Sementara itu, Amerika Serikat masih mempengaruhi perekonomian dunia dengan segala kebijakannya. Baru-baru ini, Trump sendiri pun telah memberi sinyal untuk memperbaiki hubungan dengan China. Beberapa waktu lalu diketahui Amerika Serikat telah mendukung perusahaan asal China, Huawei.

Atas kesepakatan tersebut, Trump memberikan komentarnya. Dilansir dari beberapa sumber, Trump telah mengajukan tawaran ekspor berbagai produk agrikultur asal AS ke China. Pihaknya sesegera mungkin akan mengirimkan daftar produk yang dapat dipilih oleh pemerintah China. Trump berharap hubungan tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan petani Amerika. Langkahnya dinilai mampu meningkatkan pendapatan sekitar US$16 miliar dari bidang agrikultur. Tentunya petani tak akan lagi merasa kelabakan dengan pendapatan mereka dari bertani.

Sumber : m.cnnindonesia.com

featured,internasional

amerika-dan-china,amerika-serikat,china,ktt,ktt-g20

amerika-dan-china,amerika-serikat,china,ktt,ktt-g20


Artikel yang berjudul “China dan Amerika Serikat Capai Kata Sepakat di KTT G20” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment