8 Cara Menolak Permintaan dengan Halus dan Tidak Bikin Sakit Hati - Ide Nasional

Breaking

Tuesday, July 9, 2019

8 Cara Menolak Permintaan dengan Halus dan Tidak Bikin Sakit Hati

menolak-permintaan

Permintaan seseorang seperti memohon pertolongan akan mendatangkan kebaikan bagi diri sendiri. Namun terkadang, hal tersebut bisa saja datang di saat yang tidak terduga hingga membuat pekerjaan diri sendiri pun tertunda. Lantas, bolehkah menolak hal tersebut?

Jika menolong seseorang dapat menyulitkan diri sendiri, Anda diperbolehkan untuk menolaknya. Namun, upayakan untuk tetap bersikap lembut dan tolaklah permintaan dengan halus. Lalu, bagaimana caranya untuk menolak permintaan dengan halus? Berikut adalah ulasannya.

1. Berikan Pujian

Sebelum Anda memutuskan untuk menolak permintaan, cobalah memberikan pujian kepada pemohon. Ini akan meluluhkan hati pemohon tersebut agar Anda bisa melepaskan diri dari permohonannya. Namun, perhatikan terlebih dahulu seperti apa keadaan mood pemohon tersebut. Jika yang memiliki permintaan sedang dalam keadaan terdesak, Anda tidak disarankan untuk menolak permintaan tersebut.

2. Ajaklah Untuk Berguyon

Ini adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menolak permintaan secara halus. Selain itu, berguyon akan memudahkan yang memiliki permintaan untuk menerima alasan Anda dalam menolak permintaan tersebut.

3. Alasan Logis Harus Dijelaskan

Berguyon memang bisa membuat si empunya permintaan memaklumi Anda. Namun, jika pemilik permintaan tersebut lebih senang berbicara terus terang, cobalah untuk menerangkan alasan logis untuk menolak permintaannya.

4. Jangan Lupa Untuk Meminta Maaf

Ketika Anda diharuskan untuk menolak permintaan, jangan lupa meminta maaf sebelumnya. Ucapkanlah kata maaf untuk memperhalus penolakan tersebut. Sertakan juga kenapa Anda harus menolak permintaannya.

5. Pura-pura Menyibukkan Diri

Poin yang satu ini memang sangat tepat dipraktekan bagi Anda. Secara tidak langsung, berbuatlah sesuka hati untuk terkesan “sibuk”. Anda dapat melakukan apapun yang membuat Anda nyaman tanpa menerima permintaan orang lain. Bahkan, pura-pura sedang mengerjakan sesuatu pun juga menjadi alasan yang spesifik agar terlihat beralasan.

6. Menghilang

Jika menyibukkan diri tidak menjadi alasan yang tepat demi menolak permintaan, Anda bisa memakai jurus “menghilang”. Bukan berarti Anda mengelak, akan tetapi ini dilakukan agar tidak merasa terbebani. Terkadang, menerima permintaan orang lain membuat diri merasa dibebani. Oleh karenanya, Anda bisa mempraktikkan cara jitu ini untuk menolak permintaan. Caranya, jika Anda merasa akan mendapatkan “permintaan”, Anda bisa menghilang dari permukaan dengan cara menemukan menemukan persembunyian. Upayakan untuk menemukan tempat persembunyian yang aman dan tidak bisa ditemukan oleh orang lain. Atau, Anda dapat menggunakan jurus hilang timbul dari permukaan. Sebentar menghilang, lalu muncul lagi dalam hitungan detik, dan begitu seterusnya.

7. Beri Solusi Atas Masalahnya

Jika seseorang datang pada Anda dengan membawa sebuah permintaan, Anda dapat mengkaji hal tersebut. Mengkaji di sini maksudnya adalah mencari tahu akar masalah kenapa orang tersebut memunculkan permintaan. Jika Anda menyanggupi, tolonglah Ia. Jika tidak, temukan orang lain yang lebih berkenan untuk membantu.

8. Berdamai dengan Diri Sendiri

Menolak permintaan seseorang terkadang menimbulkan gejolak di hati. Rasa menyesal setelah menolak terkadang menghantui diri. Namun, periksa kembali niat dan tujuan dalam membantu orang tersebut. Jika Anda merasa menerima permintaan adalah kewajiban Anda, terimalah dengan senang hati. Akan tetapi, jika Anda merasa menerima permintaan akan menyulitkan diri sendiri, jauhilah tindakan tersebut. Anda bisa menolak permintaan kapan saja ketika Anda merasa tidak nyaman. Ya, Anda adalah orang yang paling mengetahui waktu di mana diri Anda merasa bebas untuk menolong siapapun.

Anda tidak melulu harus menerima permintaan seseorang ketika hal tersebut terkesan menyulitkan diri sendiri. Kabulkan permohonan mereka ketika Anda memiliki kesempatan untuk menolong mereka dan pastikan Anda ikhlas dalam menerima permintaan mereka.

relationship

hubungan,pacar,teman

hubungan,pacar,teman


Artikel yang berjudul “8 Cara Menolak Permintaan dengan Halus dan Tidak Bikin Sakit Hati” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment