5 Trik Jitu Hindari Virus Malware yang Sering Singgah di Ponsel! - Ide Nasional

Breaking

Thursday, July 11, 2019

5 Trik Jitu Hindari Virus Malware yang Sering Singgah di Ponsel!

Meskipun ponsel yang kita gunakan saat ini adalah smartphone alias ponsel pintar. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa semakin canggih sebuah ponsel justru semakin rentan dengan serangan virus. Salah satu jenis virus yang banyak menyerang ponsel android saat ini adalah virus malware.

Maka dari itu, kita harus bijak dalam menggunakan ponsel agar terhindar dari virus yang cukup berbahaya ini. Berikut ini adalah beberapa trik jitu menghindari malware pada ponsel:

1. Instal Dari Sumber Terpercaya

Cara terbaik untuk menghindari virus malware adalah dengan menginstal aplikasi yang kamu perlukan dari sumber yang terpercaya. Biasanya pada setiap ponsel terdapat Store bawaan yang telah diinstal di dalamnya sehingga kamu tidak perlu repot mencari aplikasi di sumber lain yang belum terpercaya. Salah satunya adalah Google Play Store yang memang telah bekerja sama dengan banyak perusahaan ponsel ternama.

2. Aman Berseluncur

Selain hanya menggunakan store terpercaya untuk melakukan instalan aplikasi, kamu juga harus berhati-hati ketika sedang browsing. Pastikan bahwa kamu hanya membuka website atau situs yang aman dan terpercaya.

Hindari membuka situs yang tampaknya berbahaya, misalnya saja situs porno dan perjudian. Situs seperti ini memiliki banyak sekali virus yang siap menyerang ponsel kamu kapan saja tanpa kamu sadari.

3. Instal Antivirus

Untuk lebih mengamankan ponsel kamu dari serangan virus, maka ada baiknya untuk menginstal anti virus. Tapi ingat juga untuk tetap menginstal dari sumber terpercaya saja. Dengan menginstal anti virus, maka secara otomatis ponsel akan memberikan peringatan setiap kali kamu akan membuka situs atau file yang berbahaya.

Meskipun bagus, namun kebanyakan anti virus juga memakan banyak memori dan daya baterai sehingga kamu juga harus memperhatikan hal ini agar kinerja ponsel tidak terganggu. Anti virus yang digunakan juga harus sering diupdate agar tetap bisa memeriksa jenis virus yang baru.

4. Tidak Sembarangan Memakai Wifi

Banyak orang yang menghemat datanya dengan menggunakan fasilitas wifi yang disediakan di tempat umum. Namun kamu juga harus tetap berhati-hati karena virus juga dapat masuk ke dalam ponsel melalui jaringan wifi.

Ada baiknya untuk menggunakan sambungan internet milik kamu sendiri dibandingkan harus mengambil resiko terkena serangan virus malware yang cukup berbahaya.

5. Tidak Sembarangan Membuka Iklan

Virus malware biasanya masuk melalui sebuah iklan pop-up yang muncul di layar ponsel kamu. Maka dari itu, hindari mengklik iklan yang tiba-tiba muncul atau tidak penting.

Iklan tersebut biasanya berisi kalimat yang menarik seperti memenangkan undian atau berita unik. Banyak orang tertipu dengan iklan seperti ini sehingga kamu harus lebih ekstra.

Itulah beberapa cara menghindari virus malware yang sering singgah di ponsel. Ingatlah untuk selalu mengupgrade ponsel agar sistem keamanan lebih baik dan ponsel jadi lebih aman.

teknologi

bahaya-malware-android,malware,tips-hindari-malware,virus-smartphone

bahaya-malware-android,malware,tips-hindari-malware,virus-smartphone


Artikel yang berjudul “5 Trik Jitu Hindari Virus Malware yang Sering Singgah di Ponsel!” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment