Seleksi Pemain Timnas U-19 Tahap Kedua Menjelang AFF - Ide Nasional

Breaking

Thursday, June 13, 2019

Seleksi Pemain Timnas U-19 Tahap Kedua Menjelang AFF

Dua puluh enam pemain hadir mengikuti seleksi tim nasional (timnas) U-19. Terlihat 4 pemain absen pada sesi latihan hari ini, Rabu (12/6). Keempat pemaint tersebut adalah Amiruddin Bagas Kaffa, Amiruddin Bagus Kahfi, David Maulana dan Ernando Ari Sutaryadi selaku kiper. Mereka dikabarkan sulit mendapatkan tiket penerbangan ke Jakarta karena arus mudik pasca lebaran sehingga tidak bisa hadir pada seleksi timnas U 19.

Pada seleksi kedua ini, terdapat 30 pemain yang diundang ke Stadion Wibawa Mukti di Cikarang. Sebelumnya, pada April lalu telah dilaksanakan seleksi pada tahap pertama oleh Fakhri Husaini, pelatih timnas U-19. Untuk seleksi kedua akan berlangsung selama seminggu, yakni pada tanggal 12 – 18 Juni mendatang. Diharapkan untuk semua pemain dapat menunjukkan performa dan dapat beradaptasi dengan cepat. Apabila harapan tersebut bisa terpenuhi maka proses seleksi akan bisa lebih maksimal untuk mendapatkan pemain terbaik.

Di hari pertama, para pemain digeber selama 3 jam nonstop untuk latihan berintensitas tinggi. Selain itu, para pemain juga berlatih pertandingan kecil yang berfokus pada formasi bertahan dan transisi penyerang. Pelatih Fakhri Husaini menyatakan semua pemain pada kedua seleksi benar-benar kompetitif, terutama bagi para eks pemain tim nasional U-16. Hal ini tentunya sangat menggembirakan karena pemain yang baik harusnya mampu beradaptasi dengan cepat. Mereka tidak terpengaruh oleh perubahan kondisi lapangan, pelatih maupun formasi. Hal tersebut penting agar proses seleksi bisa mendapatkan pemain yang sesuai dengan kebutuhan tim.

Fakhri menjelaskan tidak ada perbedaan antara seleksi di tahap pertama maupun kedua. Materi yang diberikan oleh pelatih timnas U-19 tersebut hanya menekankan pada transisi positif dan negatif. Pada dasarnya, Fakhri sendiri hanya ingin melihat kemampuan dasar dari para pemain. Seberapa cepat kemampuan para pemain, sembari melihat 4 aspek utama dalam seleksi tahap kedua.

Setengah dari jumlah pemain yang dipanggil dalam tahap seleksi kedua merupakan para pemain yang turut andil dalam Garuda Select di Inggris. Selama di Inggris, mereka menerapkan pola formasi 4-3-3, walaupun tidak melupakan formasi 3-5-2. Selama setahun, Fakhri sudah melatih pemain U-16 dengan formasi 3-5-2 sebagai persiapan.

Nantinya, para pemain yang lolos pada tahap seleksi akan mengikuti TC (Pemusatan Latihan). Mereka akan dikarantina selama bulan Juli sebagai persiapan AFF U-19 di bulan Agustus mendatang.

Sumber : bolasport.com

bola

aff-u-19,seleksi-timnas-u-19,timnas-u-19

aff-u-19,seleksi-timnas-u-19,timnas-u-19


Artikel yang berjudul “Seleksi Pemain Timnas U-19 Tahap Kedua Menjelang AFF” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment