Protes RUU Ekstradisi Merupakan Aksi Terbesar Hong Kong - Ide Nasional

Breaking

Monday, June 10, 2019

Protes RUU Ekstradisi Merupakan Aksi Terbesar Hong Kong

Senin pada tanggal 10 juni 2019, Dikutip dari CNN Indonesia. Kekhawatiran akan tindakan dari China membuat Hong Kong beramai-ramai menggelar salah satu demonstrasi terbesar untuk menolak RUU ekstradisi yang berakhir ricuh pada Senin (10/6).

Aksi protes ini merupakan bentuk penolakan  rancangan undang-undang ekstradisi di Hong Kong disebut-sebut sebagai salah satu demonstrasi terbesar sepanjang sejarah wilayah tersebut. Bentrok pecah ketika massa berusaha untuk merangsek ke gedung parlemen Hong Kong pada Senin (10/6) dini hari.

Sejumlah demonstran tersebut terlihat sangat tampak menganggap RUU tersebut akan semakin merampas kebebasan yang mereka miliki. Hal ini terutama dalam menghadapi pemerintahan komunis China yang selama ini membungkam para pendukung demokrasi dan kemerdekaan yang ada di Hong Kong.

Diantara sekian demonstran ada yang mengatakan bahwa “Saya berpikir undang-undang ini akan merampas kebebasan kami jika diterapkan,” kata orang yang bernama Peter Lam, seorang siswa SMA berusia 16 tahun yang ikut berdemo seperti.

Dirinya menambahkan bahwa “Kami tidak akan lagi memiliki hak untuk mengekspresikan diri. Jadi kami harus segera berdiri dan mengekspresikan diri kami hari ini,” katanya sambil menambahkan.

Sejumlah kritikus banyak menganggap RUU ekstradisi ini membuat warga Hong Kong rentan ditangkap oleh otoritas China. Karena berbagai alasan politik atau pelanggaran bisnis yang tidak disengaja.

RUU ini juga dapat dinilai akan merusak sistem hukum wilayah semi-otonom itu.Selain hal tersebut, RUU ini juga telah diprotes oleh komunitas pengusaha yang pada umumnya pro-konservatif. Sampai dengan hingga entitas pro demokrasi, seperti negara Amerika Serikat dan Uni Eropa.

Pembahasan tentang RUU ini dipercepat menyusul kasus seorang perempuan Hong Kong berusia 20 tahun yang dibunuh oleh kekasihnya ketika sedang berlibur di Taiwan beberapa waktu lalu. Pelaku tidak dapat dikirim ke Hong Kong untuk diadili sekarang.

Dikutip dari  CNN, Taipei juga enggan RUU ekstradisi itu untuk disahkan. Negara Taiwan ini khawatir dengan risiko warganya dapat diekstradisi ke China di tengah pertikaian antara kedua belah pihak.

featured,internasional

aksi-terbesar,dorijuni,protes-ruu,ruu-ekstradisi

aksi-terbesar,dorijuni,protes-ruu,ruu-ekstradisi


Artikel yang berjudul “Protes RUU Ekstradisi Merupakan Aksi Terbesar Hong Kong” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment