Malas Banget Sikat Gigi? Ini Dampaknya yang Harus Kamu Tahu - Ide Nasional

Breaking

Monday, June 3, 2019

Malas Banget Sikat Gigi? Ini Dampaknya yang Harus Kamu Tahu

Tempat Sikat Gigi dari Lego

Kesehatan merupakan kunci utama yang harus dimiliki setiap manusia. Tanpa kesehatan, maka tubuh kita tidak bisa bergerak banyak. Untuk itu kita perlu menjaga kesehatan agar tetap dapat bergerak aktif dan memenuhi segala hal yang menjadi tanggungjawab kita. Gigi merupakan salah satu anggota tubuh yang perlu kita rawat. Jika tidak, maka dampaknya sangat fatal. Rasa nyeri yang dirasakan saat kita sakit gigi membuat kita enggan dan malas melakukan apa-apa karena tak tahan rasa sakitnya. Selain itu justru membuat kita sensitif terhadap suara yang ramai, jadi dapat dipastikan ketika kita ada suara ramai kita akan mengoceh kesakitan.

Untuk menghindari dari rasa sakit gigi yang entah itu dikarenakan gigi berlubang atau pembengkakan pada gusi, ada baiknya kita melanggengkan pembiasaan untuk menyikat gigi setelah sarapan dan sebelum kita tidur. Kalau sesudah sarapan kayaknya masih mungkin ya dilakukan. Mengingat kalau pagi itu kita memiliki mindset bakal diliat orang dan bakal jadi pusat perhatian orang. Makanya kalau ada makanan yang nyempil atau ketinggalan di sela-sela gigi tuh rasanya malu banget. Iya kan?

Nah, bagaimana kalau kebiasaan sikat gigi itu kita budayakan juga di malam hari. Aduh kayaknya langsung keluar nih alasan jitunya, “ngantuk banget”, “nggak kelihatan orang ini”, “mager ah”, dan masih banyak alasan jitunya. Kalau kamu kubu yang rajin menyikat gigi pagi dan malam atau cuma rajin menyikat gigi di pagi hari saja?

Buat kamu yang memiliki kebiasaan menyikat gigi di waktu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur, selamat ya dan perlu dipertahankan rutinitas ini. Nah buat kamu yang mempunyai kebiasaan hanya rajin menyikat gigi di pagi hari saja, wah kayaknya perlu ada perubahan deh. Kenapa? Emang penting banget ya sikat gigi di waktu malam sebelum tidur? Kan capek banget.

Sikat gigi di waktu malam memiliki fungsi untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang masih menyangkut di gigi dan juga membersihkan bau mulut kita. Toh seharian kita banyak mengkonsumsi makanan yang banyak jenis dan ragamnya, dan nggak mampu kita kendalikan bukan. Nah kamu tahu nggak sisa-sisa dari makanan itu bakalan membentuk menjadi plak baru di gigi yang nantinya dapat membuat gigi kamu berlubang, hadirnya karang gigi, dan pembengkakan gusi, serta ini yang bikin kamu bakalan malu banget, iya bau mulut.

Nah kalau sudah tahu dampaknya, yakin masih ingin melanggengkan kebiasaan menyikat gigi di pagi hari saja? Wah kayaknya kebangetan banget ya. Toh sikat gigi tuh nggak makan banyak waktu kok, butuh waktu 2-3 menit aja. Itu pun ada yang super kilat hanya 1 menit atau mungkin 30 detik. Iya kan? Ayo ngaku.

Yuk mulai sekarang kita langgengkan budaya sikat gigi pagi dan malam hari sebelum tidur, agar gigi, gusi dan mulut kita terhindar dari penyakit yang tidak kita inginkan.

health

gigi,sakit-gigi

gigi,sakit-gigi


Artikel yang berjudul “Malas Banget Sikat Gigi? Ini Dampaknya yang Harus Kamu Tahu” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment