Inilah Persiapan BPN dan TKN Dalam Menghadapi Sidang Pertama! - Ide Nasional

Breaking

Thursday, June 13, 2019

Inilah Persiapan BPN dan TKN Dalam Menghadapi Sidang Pertama!

Tepat pada hari ini, Jumat, 14 Juni 2019, sidang perdana sengketa pilpres 2019 diadakan. Sidang perdana ini akan membahas mengenai dilanjutkan atau tidaknya penyelidikan mengenai sengketa pilpres 2019 antara pasangan Jokowi dan Prabowo.

Jika hasil sidang hari ini menyatakan kelanjutannya, maka pemeriksaan akan dilanjutkan pada tanggal 17 hingga 24 Juni 2019. Dalam menghadapi permasalahan ini, kedua kubu telah menyiapkan bahan perangnya masing-masing.

Dalam tim Prabowo Sandi, BPN telah menyiapkan beberapa bukti yang menunjukkan adanya kecurangan yang terrstruktur, sistematis, dan masif. Salah satu hal yang menjadi bahan tim BPN adalah posisi jabatan Ma’ruf Amin di Bank Syariah Mandiri dan BNI Syariah.

Menurut tim kuasa hukum BPN, hal ini melanggar Pasal 227 huruf P Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu yang isinya capres-cawapres tidak boleh menjabat jabatan tertentu di perusahaan berstatus BUMN. Selain itu, tim BPN juga menyoalkan laporan dana kampanye milih Jokowi.

Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) pada 25 April 2019 mencatat sumbangan pribadi dari capres nomor urut 01, Joko Widodo sebesar Rp19.508.272.030. Sedangkan pada Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) yang dilaporkan Jokowi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) di tanggal 12 April 2019 hanya berjumlah Rp 6.109.234.705.

Jumlah kekayaan yang melimpah secara mendadak ini tentu menjadi pertanyaan bagi banyak pihak. Hal inilah juga akan menjadi salah satu bahan gugatan dari tim BPN. Sedangkan di sisi lain, tim TKN Jokowi Ma’ruf Amin juga telah mempersiapkan berbagai macam bahan untuk membantah segala bentuk kecurigaan dari tim BPN.

Menurut Direktur Hukum dan Advokasi TKN Jokowi-Ma’ruf, Ade Irfan Pulungan, timnya telah siap untuk memenangkan kasus ini. “Sangat optimistis, orang saya beserta teman-teman kuasa hukum sudah mempersiapkan diri, sangat optimis. Saya sudah punya keyakinan,” ujarnya.

Menurut pakar hukum tata negara, Bivitri Susanti, peluang untuk tim BPN menang bergantung pada bagaimana tim tersebut membuktikan seluruh data yang mereka berikan.

Tim TKN Jokowi juga bisa membantah seluruh tuduhan yang dilayangkan oleh tim BPN jika mereka memiliki bukti yang cukup valid. Kedua tim sama-sama kuat dan sama-sama memiliki peluang sesuai dengan kemampuan membuktikan setiap pernyataan yang dibuat.

featured,politik

dorijuni,pilpres-2019,politik,prabowo,sengketa-pilpres

dorijuni,pilpres-2019,politik,prabowo,sengketa-pilpres


Artikel yang berjudul “Inilah Persiapan BPN dan TKN Dalam Menghadapi Sidang Pertama!” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment