Inilah 5 Budaya Masyarakat Indonesia Ketika Hari Lebaran Tiba - Ide Nasional

Breaking

Wednesday, June 5, 2019

Inilah 5 Budaya Masyarakat Indonesia Ketika Hari Lebaran Tiba

lebaran

Setiap tahun hari lebaran akan datang, salah satunya di tahun 2019 ini. Begitu pula dengan masyarakat Indonesia yang menyambut hari Ramadhan dengan gembira. Terlebih jika Indonesia merupakan negara Islam terbesar di dunia. Maka tak heran hari lebaran begitu dinanti-nantikan.

Bukan hanya di negara negara lain yang memiliki budaya ketika hari lebaran tiba, misalnya negara Turkey yang memakai pakaian khas bernama bayramlik, atau wanita Pakistan yang memakai Henna saat lebaran. Tetapi, Indonesia juga memiliki beberapa budaya yang sering dilakukan ketika hari lebaran datang.

Di setiap negara pasti memiliki budaya yang berbeda salah satunya di Indonesia, yang memang terkenal dengan ciri khasnya, dengan budaya ketika hari lebaran tiba. Lebaran merupakan satu momentum dimana hari tersebut adalah hari kemenangan umat Islam. Di Indonesia sendiri penduduk muslim sangat banyak. Apa saja budaya tersebut berikut ini adalah budaya masyarakat Indonesia ketika hari lebaran tiba.

1. Ramai Melakukan Malam Takbiran

Sebelum hari raya idul fitri di Indonesia biasanya terdapat malam takbiran yaitu dengan mengumandangkan takbir kepada yang maha pencipta. Hanya saja yang membedakan dengan negara lain, yaitu di Indonesia memiliki Beduk yang khas sebagai pengiring takbir tersebut.

2. Melakukan Halal Bihalal

Halal bi halal ini juga merupakan budaya Indonesia yang sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Di mana ketika pagi hari seusai salat Ied mereka akan berkeliling mengunjungi rumah tetangga atau keluarga untuk bersilaturahmi dan salam-salaman.

3. Sajian Lebaran yang Istimewa

Arti kata lebaran masyarakat Indonesia menyambutnya dengan sangat baik Misalnya menyajikan makanan yang berbeda ketika lebaran. Apalagi jika bukan opor ayam dan ketupat yang merupakan ciri khas Indonesia ketika lebaran tiba. Banyak orang juga yang memasak ati atau daging untuk hari lebaran.

4. Berkunjung Ke Kampung Halaman

Ya ketika hari lebaran berkunjung ke kampung halaman seperti kewajiban yang harus dilakukan. Hal itu selain untuk silaturahmi juga untuk memperkuat hubungan keluarga.

5. Bagi Bagi THR

Ini dia yang ditunggu-tunggu saat lebaran. yaitu ketika berbagi THR biasanya anak-anak akan mengunjungi rumah rumah tetangganya untuk bersalam-salaman dan mereka pun diberi atau yang isinya merupakan Uang THR.

Itulah lima budaya masyarakat Indonesia ketika hari lebaran tiba yang berbeda dengan negara lain.

islam

idul-fitri,lebaran

idul-fitri,lebaran


Artikel yang berjudul “Inilah 5 Budaya Masyarakat Indonesia Ketika Hari Lebaran Tiba” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment