Ini Sunah yang Perlu Dilakukan Sebelum Melakukan Shalat Idul Fitri - Ide Nasional

Breaking

Monday, June 3, 2019

Ini Sunah yang Perlu Dilakukan Sebelum Melakukan Shalat Idul Fitri

sholat-idul-fitri

Hari raya Idul Fitri 1440 H akan dirayakan oleh umat Islam besok hari Rabu tepatnya pada tanggal 05 Juni 2019. Keputusan ini sudah dikeluarkan Kementrian Negeri Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), yang melakukan sidang isbat hilal kemarin (03 Juni 2019).

Biasanya perayaan hari raya Idul Fitri akan dimulai dengan takbiran yang dilakukan nanti malam dan diikuti dengan shalat id yang dilakukan di masjid-masjid dekat rumah yang biasanya dilakukan jam 06 pagi atau 06.30 pagi.

Nah sebelum melakukan shalat Idul Fitri esok hari, sahabat dori tahu nggak ada beberapa kesunahan yang baiknya dikerjakan lho. Kira-kira kesunahannya apa saja ya?

Sebelum kita berangkat shalat id, pastinya kita mandi dulu kan ya? Nggak mungkin dong bangun tidur kucek-kucek mata wudhu langsung berangkat ke masjid? Kayaknya nggak kan ya, tentunya kamu akan mandi dulu sebelum kamu memutuskan berangkat melakukan shalat id kamu disunahkan untuk mandi dengan niat mandi shalat idul fitri.

Disunahkan memakai pakaian yang terbaik

Di hari yang fitri kita disunahkan memakai pakaian yang terbaik. Yang disunahkan memakai pakaian terbaik lho ya, bukan baru. Jadi kalau ada yang bilang lebaran harus pakai baju baru itu salah, karena tidak ada dalil Quran dan hadis nabi yang menjelaskan tentang beli baju baru untuk lebaran. Justru yang disunahkan adalah menggunakan pakaian terbaik.

Terus kalau sudah terlanjur beli baju baru atau baru pengin beli baju baru gimana? Kan mumpung ada THR nih, buat kamu yang sudah terlanjur beli baju baru atau baru pengin beli baju baru boleh kok. Dengan catatan diniati untuk menambah kekhusyukan dalam beribadah, bukan niat untuk pamer ke orang-orang lho ya.

Makan. Sebelum melakukan shalat id, kita disunahkan untuk makan. Berbeda lagi dengan kesunahan hari raya idul adha yang mensunahkan untuk tidak makan sebelum berangkat shalat.Melewati rute yang berbeda ketika berangkat dan pulang shalat idMelafadzkan takbir di sepanjang jalan menuju masjid

Nah itu dia beberapa hal yang menjadi kesunahan sebelum melakukan shalat idul fitri. Selamat merayakan hari raya idul fitri 1440 H, semoga ibadah puasa dan ibadah lainnya yang kita jalankan selama sebulan penuh diterima oleh Allah SWT dan kita diijinkan bertemu lagi bulan ramadhan di tahun berikutnya Aamin.

islam

idul-fitri,lebaran,sholat-idul-fitri

idul-fitri,lebaran,sholat-idul-fitri


Artikel yang berjudul “Ini Sunah yang Perlu Dilakukan Sebelum Melakukan Shalat Idul Fitri” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment