Ini Dia Tata Cara Puasa Syawal - Ide Nasional

Breaking

Thursday, June 6, 2019

Ini Dia Tata Cara Puasa Syawal

Bulan Ramadhan kini telah usai dan telah berganti ke bulan Syawal. Bagi para muslim yang telah melaksanakan puasa wajib di bulan Ramadhan selama sebulan penuh terkadang masih saja rindu dan terbawa dengan suasana ramadhan yang baru saja pergi meninggalkan kita. Nah untuk itu, di bulan syawal ini disunahkan untuk para muslim melakukan puasa syawal selama enam hari pertama di bulan Syawal.

Puasa syawal merupakan puasa sunnah muakadah ( yang paling dianjurkan oleh Rasulullah untuk dikerjakan). Rasulullah saw bersabda bahwasannya, “Barang siapa berpuasa di bulan Ramadhan, kemudian mengikutinya dengan enam hari di bulan Syawal, maka ia seperti berpuasa setahun” (HR. Muslim)

Dalam hadis tersebut dijelaskan bahwasannya, setelah kita selesai menunaikan puasa wajib di bulan Ramadhan dan dilanjutkan dengan berpuasa selama enam hari di bulan Syawal, maka yang melaksanakannya sama seperti melakukan puasa selama satu tahun. Subhanallah.

Terus pelaksanaannya itu kapan ? Pelaksanaan puasa syawal dilakukan di hari ke 2 bulan syawal. Mungkin dari beberapa kalian ada yang bertanya-tanya kenapa nggak dimulai dari hari pertama ? Tidak dimulai di hari pertama di bulan syawal, karena hari pertama merupakan hari yang diharamkan untuk berpuasa, untuk itu pelaksanaannya dilakukan dimulai hari kedua di bulan Syawal.

Puasa syawal kan dilakukan di 6 hari pertama di bulan syawal, harus dikerjakan berturut-turut ya ? Kalau nggak gimana ? Kan banyak banget tuh godaannya makanan dimana-mana, jajan dimana-mana, udah gitu juga kadang kalau kita bertamu ke rumah orang pastinya disuruh makan dan minum, kan sungkan banget kalau nolak.

Buat kamu yang masih berat banget ngejalanin puasa sunah syawal ini, kamu nggak harus mengerjakannya selama berturut-turut kok, kamu tetap bisa melaksanakannya sesuai kemampuanmu dengan catatan masih terhitung bulan Syawal lho ya.

Kalau kita masih punya hutang puasa (qadha) gimana ? Mana dulu yang harus dikerjakan, mengqadha puasa dulu atau melaksanakan puasa sunah syawal dulu ? Ada baiknya kamu dahulukan mengqadha puasa terlebih dahulu, karena mengerjakan yang wajib itu lebih diutamakan dibandingkan mengerjakan yang sunah terlebih dahulu.

Adapun niatnya adalah sebagai berikut

نويت صوم غد عن اداء سنة الشوال لله تعالى

Artinya : saya niat puasa sunah syawal esok hari karena Allah ta’ala

Sekian informasi tentang puasa syawal yang bisa kamu kerjakan, semoha bermanfaat

islam

dorijuni

dorijuni


Artikel yang berjudul “Ini Dia Tata Cara Puasa Syawal” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment