Cara Agar Betah Tinggal di Rumah Mertua - Ide Nasional

Breaking

Monday, June 10, 2019

Cara Agar Betah Tinggal di Rumah Mertua

Tidak semua orang yang sudah menikah dapat tinggal mandiri bersama pasangan halal. Terkadang, mertua meminta kita untuk menetap di rumahnya. Dalam kehidupan berumah tangga seperti itu, tidak dapat dipungkiri juga “keterlibatan” kerikil-kerikil kecil yang akan menguji keharmonisan rumah tangga Anda.

Belum lagi guncangan-guncangan yang pasti terjadi ketika Anda tinggal berdampingan dengan kakak ipar atau adik ipar. Lalu, apakah yang harus dilakukan dalam menghadapi hal tersebut? bagaimanakah caranya agar dapat bertahan tinggal di rumah mertua? Agar bisa bertahan dan betah tinggal di rumah mertua, Anda dapat mempraktikkan cara berikut ini.

1.Keluarlah Dari Mindset Buruk Tentang Mertua

Kebanyakan para menantu terjebak pada mindset buruk tentang mertua. Ini bisa jadi disebabkan oleh lingkungan atau bahkan bawaan dari pengalaman pribadi. Namun, hal tersebut tidak boleh diteruskan agar karena akan mengganggu kenyamanan Anda ketika tinggal bersama mertua. Hal yang harus Anda lakukan adalah membuka pikiran dan selalu berpikiran baik terhadap mertua.

2. Cobalah Untuk “Sebodo Amat” Untuk Setiap Hal yang Tidak Menyangkut Diri Sendiri

Ketika tinggal bersama mertua. Anda harus siap menerima kenyataan buruk jika suatu saat Anda akan menjadi bahan perbincangan. Namun, hal tersebut tidak akan terjadi jika Anda selalu bersikap baik. Walaupun itu terjadi setelah Anda berlaku sebagaimana mestinya sebagai menantu, ada perlunya untuk bersikap “sebodo amat” untuk menghindari pertengkaran.

3. Menekuni Hobi itu Penting Agar Tidak Bosan dan Kesepian

Ketika Anda merasa bosan terhadap rutinitas di rumah mertua, Anda juga dapat melakukan segala hal yang menjadi hobi Anda. namun ingatlah bahwa jangan sampai hobi tersebut mengganggu kewajiban Anda sebagai menantu.

4. Jujur Itu Penting Agar Tidak “Saklek”

Di mana pun Anda berada, ingatlah bahwa bersikap jujur itu adalah sebuah prinsip. Terkadang, Anda juga harus “memperlihatkan” kebiasaan atau bagaimana perlakuan Anda terhadap pasangan di mata mertua. Ini dilakukan agar mertua tidak salah paham atau memandang kebiasaan baru sebagai hal aneh.

5. Rencanakan dan Lakukan Kegiatan Bersama Mertua

Kehidupan pernikahan bukan sebatas Anda dan pasangan. Pasti ada “peserta” lainnya yang akan melengkapi kisah Anda bersama pasangan. Apalagi jika Anda tinggal bersama mertua. Pengalaman baru dan pelajaran terbaik akan dimulai dari sana.

Oleh karenanya, rencanakanlah beberapa kegiatan yang dapat dilalui bersama mertua agar mertua juga merasa kehadirannya dihargai. Ingatlah bahwa mertua tidak bersikap baik terhadap menantunya dikarenakan adanya kecemburuan sosial.

6. Jadilah Menantu yang Sensitif dalam Konotasi Positif

Sensitive di sini tidak memiiki makna mudah tersinggung atau konotasi negative lainnya. Sikap sensitive dalam konotasi positif harus diterapkan di rumah mertua agar Anda bisa merasakan apa yang dirasakan oleh mertua. Seperti contohnya adalah sensitive akan kebutuhan mertua, merasa empati dengan perasaan mertua, dan peduli dengan kebersihan rumah mertua.

7. Jaga Rahasia Kehidupan dan Pasangan Anda

Meskipun Anda harus tinggal bersama mertua, Anda tidak boleh menceritakan apa yang menjadi aib keluarga kecil Anda. Ini karena tidak semua hal harus diceritakan dan dibagikan dengan mertua. Ada kalanya mertua harus “ditegaskan” agar tidak ikut serta mengambil kendali dalam rumah tangga Anda.

8. Jadilah Menantu yang Perhatian dan Pengertian

Setiap mertua akan berpikiran bahwa menantu akan mempengaruhi anaknya. Oleh karenanya, usahakanlah agar hal tersebut tidak terjadi. Berikan perhatian lebih terhadap mertua dengan selalu memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan dan keperluannya.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat dilakukan agar betah tinggal di rumah mertua. Selamat mempraktikkan dan ingatlah bahwa mertua juga orang tua Anda. Sehingga, anggaplah ini merupakan kesempatan untuk berbakti kepada suami dan mertua Anda.

edukasi

dorijuni

dorijuni


Artikel yang berjudul “Cara Agar Betah Tinggal di Rumah Mertua” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment