7 Alasan Kenapa Orang Korea Sering Menggunakan Masker Hingga Menjadi Trend Fashion - Ide Nasional

Breaking

Sunday, June 2, 2019

7 Alasan Kenapa Orang Korea Sering Menggunakan Masker Hingga Menjadi Trend Fashion

Masih menjadi pertanyaan tentang kenapa warga Korea Selatan selalu menggunakan masker ketika berada di luar ruangan. Bahkan, para artis pun mengenakan masker ketika berada di tempat umum. Saking populernya keberadaan masker di Korea Selatan, beragam jenis motif masker pun diluncurkan untuk memenuhi permintaan pasar. Lalu, apa alasan sebenarnya kenapa masyarakat Korea Selatan banyak yang menggunakan masker? Untuk mengetahui lebih jelasnya, berikut adalah ulasan mengenai alasan kenapa warga Korea menggunakan masker.

1. Masker Merupakan Bagian dari Sejarah Masyarakat Korea

Masker pertama kali dikenalkan oleh masyarakat Jepang. Lalu, masyarakat Korea mengadopsi budaya penggunaan masker untuk beragam tujuan. Salah satu tujuan saat itu adalah untuk menghadapi ancaman Flu Spanyol pada tahun 1918. Pada mulanya, masker terbuat dari kain panjang yang mampu menutup sebagian kepala. Setelah wabah Flu Spanyol berakhir, masyarakat pada saat itu terus mengembangkan masker. Penggunaan masker tetap berlanjut hingga di tahun 1923. Masyarakat pada masa itu menggunakan masker untuk melindungi tubuh dari debu yang beterbangan akibat gempa yang terjadi pada masa itu.

2. Masker adalah Upaya Untuk Menghindari Penyebaran Penyakit

Sudah jelas bahwa fungsi masker digunakan untuk menghindari penyakit. Apalagi jika polusi dan asap rokok yang selalu di hadapi ketika berada di luar ruangan. Jika dibiarkan, polusi ringan akan menyebabkan timbulnya penyakit yang tidak diduga.

3. Masker Juga Diidentikkan Sebagai “Etika”

Bagi warga Korea, masker digunakan untuk menunjukkan etika. Apalagi jika diri sedang mengidap penyakit, rasanya tidak sopan apabila tidak mengenakan masker agar menghindari penyebaran penyakit di tempat umum.

4. Kebanyakan Artis Menggunakan Masker Untuk Menyembunyikan Identitas

Para artis mengenakan masker untuk melakukan penyamaran. Apalagi jika mereka berada di tempat-tempat umum, para artis kerap menghindari “serbuan” para fans. Biasanya, mereka mengenakan masker berwarna gelap untuk mendukung penyamaran mereka.

5. Masker Adalah Cara Untuk Menghindari Fenomena “Fine Dust” di Korea

Bukan hanya sekedar memenuhi selera fashion, masker digunakan warga Korea untuk mengatasi “Fine Dust”. Fenomena tersebut memang sudah lama terjadi di Korea dan terkadang merupakan kiriman dari negara tetangga. Fine Dust biasa disebut juga sebagai Yellow Sand, Yellow Dust, Yellow Wind, atau China Dust Storms. Pada umumnya, fenomena tersebut terjadi pada musim semi dan musim dingin. Selain disebabkan oleh cuaca, Fine Dust juga dipengaruhi oleh polusi industri, kendaraan bermotor, dan lain sebagainya. Pada tahun 2018 lalu, fenomena Fine Dust mencapai puncaknya. Pemerintah setempat pun mengharuskan warganya untuk mengenakan masker.

6. Masker Bermanfaat Untuk Menyembunyikan Wajah yang Tidak Ber-make Up

Selain berfungsi untuk menjaga tubuh dari penyebaran penyakit, masker digunakan untuk fungsi lainnya. Pada umumnya, wanita Korea mengenakan masker untuk menutupi wajah mereka yang tidak ber-make up. Ya, masker juga kerap digunakan untuk membangun kepercayaan diri di balik kekurangan wajah seperti tidak ber-make up, berjerawat, dan lain sebagainya.

7. Masker Merupakan Salah Satu Trend Fashion di Korea

Masker tidak hanya digunakan untuk menutupi identitas, terhindar dari penyakit, dan menunjukkan etika. Melainkan juga sebagai bagian dari trend fashion. Saat ini, masker tengah berkembang dengan beragam motif dan memberi kesan multifungsi.

Nah, itulah alasan mengapa warga Korea menggunakan masker. Sebagian besar alasan tersebut merupakan alasan yang memang sangat masuk akal. Apakah di Indonesia juga akan diberlakukan seperti itu?

fashion


Artikel yang berjudul “7 Alasan Kenapa Orang Korea Sering Menggunakan Masker Hingga Menjadi Trend Fashion” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment