Wajib Coba! 5 Aktivitas Seru yang Biasanya Hanya Ada Saat Bulan Ramadhan - Ide Nasional

Breaking

Saturday, May 4, 2019

Wajib Coba! 5 Aktivitas Seru yang Biasanya Hanya Ada Saat Bulan Ramadhan

Tinggal beberapa hari lagi kita akan memasuki Bulan Suci Ramadhan, bulan yang penuh berkah, dimana para umat muslim berlomba lomba untuk mencari pahala sebanyak mungkin. Bulan dimana para muslim juga menjalankan Puasa, dari terbit hingga terbenamnya matahari.

Pada Bulan Ramadhan biasanya terdapat juga hal hal yang menjadi ciri khas, selain dari kuliner yang beraneka ragam bermunculan pada Bulan Ramadhan. Namun juga akan ada berbagai aktivitas yang hanya akan muncul pada bulan ini.

Aktivitas aktivitas ini biasanya dilakukan untuk menunggu berbuka atau juga sebagai ajang silaturahmi. Berikut ini sudah dirangkum beberapa aktivitas khas yang hanya ada pada Bulan Ramadhan, yang bisa jadi referensi kegiatan untuk kamu lakukan di saat bulan Puasa nanti.

1. Ngabuburit

Ngabuburit sendiri adalah istilah yang berasal dari tataran Sunda, dimana Ngabuburit berasal dari kependekan kata “Ngadagoan Burit” atau dalam bahasa Indonesia artinya menunggu Sore tiba. Atau bila diartikan secara luas, ngabuburit adalah suatu aktivitas yang dilakukan untuk menunggu sore atau waktu berbuka tiba.

Biasanya banyak hal yang bisa dilakukan ketika kita Ngabuburit, dari mulai sekedar berjalan jalan, berkumpul bersama teman, atau warga Indonesia pada umumnya mengisi waktu ngabuburit dengan berkeliling mencari takjil atau hidangan berbuka. Meski awalnya istilah Ngabuburit hanya dipakai warga Sunda, namun sekarang istilah tersebut sudah dipakai di banyak wilayah di Indonesia.

2. Buka Bersama

Buka Bersama atau biasa disingkat menjadi Bukber juga merupakan sebuah kegiatan yang tentu hanya akan ada pada saat Bulan Ramadhan. Kegiatan ini biasanya akan dilaksanakan pada saat pertengahan Bulan Ramadhan dimana para karyawan mulai banyak yang sudah mendapat liburan.

Buka Bersama ini biasanya dimanfaatkan sebagai ajang reunian bersama teman teman lama, atau pula sekedar ajang berkumpul bersama teman satu perusahaan, kampus atau juga komunitas. Yang unik dari Bukber atau Buka Bersama ini adalah biasanya Bukber hanya menjadi wacana tanpa terealisasi lantaran susahnya mempertemukan waktu antara teman-teman lama.

3. Obrog-obrog atau Membangunkan Orang Untuk Sahur

Membangunkan orang untuk santap sahur atau warga di tanah Jawa biasa menyebutnya dengan Obrog-obrog juga merupakan sebuah kegiatan yang hanya akan ditemui pada saat Bulan Ramadhan. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh para pemuda atau anak anak desa setempat.

Mereka biasanya akan berkeliling desa sambil membawa alat alat yang berbunyi nyaring seperti bedug, kentongan, atau kaleng kaleng bekas. Mereka akan membunyikan alat alat tersebut dengan tujuan membangunkan warga sekitar untuk melakukan santap sahur.

4. Sahur on The Road

Hampir sama seperti Ngabuburit yang mana kegiatan menunggu waktu berbuka, Sahur on The Road juga kegiatan menghabiskan waktu namun pada saat Sahur. Akan tetapi bukan kegiatan buruk yang dilakukan namun kegiatan positif. Pada saat melakukan Sahur on The Road, biasanya kegiatan yang dilakukan adalah berbagi santapan sahur kepada orang orang yang membutuhkan.

Aktivitas ini biasanya dilakukan oleh kelompok kelompok atau komunitas komunitas yang berlomba lomba mencari keberkahan di Bulan Ramadhan. Meski belakangan aktivitas Sahur on The Road sering disalahgunakan, akan tetapi masih cukup banyak komunitas atau kelompok masyarakat yang menjalankan Sahur on The Road sesuai dengan tujuannya.

5. Dilaksanakannya Beberapa Tradisi Menyambut Bulan Ramadhan Di Seluruh Wilayah Indonesia

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat ditunggu tunggu oleh rakyat di seluruh Indonesia, oleh karena itu kedatangannya akan sangat disambut dengan gegap gempita oleh masyarakat. Tak sedikit tradisi yang dilakukan untuk menyambut Bulan Ramadhan di seluruh Indonesia, diantaranya adalah Dugderan di Semarang, Meugang di Aceh, Perlon Unggahan di Banyumas, Malamang di Sumatera Barat, Balimau di tanah Minangkabau, Nyorog di Betawi, Gebyar Ki Aji Tunggal di Jepara, Megibung di Bali hingga Megenang di Jawa Timur.

Nah, sahabat dori, yang mana nih aktivitas seru kalian saat bulan ramadhan tiba?. Jangan sampai melewatkan bulan penuh berkah ini ya, menyambung silaturahmi dan berbagi ke sesama. Semoga ramadhan ini puasa kita semua berkah dan bisa kembali ke fitrah yang suci. Semoga bermanfaat!

islam

buka-bersama,bulan-puasa,ngabuburit,sahur-on-the-road

buka-bersama,bulan-puasa,ngabuburit,sahur-on-the-road


Artikel yang berjudul “Wajib Coba! 5 Aktivitas Seru yang Biasanya Hanya Ada Saat Bulan Ramadhan” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment