Siasat Pangkas Ongkos Mudik: Pakai Motor Roda Tiga - Ide Nasional

Breaking

Thursday, May 30, 2019

Siasat Pangkas Ongkos Mudik: Pakai Motor Roda Tiga

Ide Nasional, Jakarta – Mudik ke kampung halaman sudah menjadi bagian dari budaya bahkan ritual menjelang Idulfitri. Dari masyarakat golongan bawah hingga kaum berada turut pula menjalankan tradisi pulang kampung untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara saat Lebaran.

Berbagai cara dilakukan agar bisa pulang dari perantauan. Bermacam sarana transportasi digunakan, mulai dari Kapal Laut, pesawat terbang, kereta api, mobil hingga sepeda motor. Meski mudik dengan sepeda motor dinilai sangat beresiko terutama rawannya kecelakaan. Namun, seolah menjadi tren lantaran dianggap lebih efisien.

Di tengah maraknya mudik menggunakan roda dua, sebagian kecil di antara para pemudik juga kini mulai melirik kendaraan roda tiga yang tidak lazim digunakan sebagai transportasi mudik.

Keberadaan mereka menggunakan alat transportasi yang berbeda tersebut, terkadang menjadi hal yang unik dan menarik. Seperti halnya dilakukan salah satu keluarga yang nekat mudik menggunakan motor niaga atau biasa digunakan jualan keliling.

Mudik menaiki motor niaga roda tiga, alasannya sedikit berbeda dengan pemudik sepeda motor roda dua, dengan beralasan selain lebih aman, juga bisa menampung banyak barang bawaan, termasuk istri dan anak.

Salah satu pemudik yang menggunakan roda tiga atau motor niaga, Ahmad Gojin (45) pemudik dengan tujuan Purwokerto itu mengatakan, mudik dengan kendaraan yang ia pakai lebih irit ketimbang menggunakan bus yang mahal.

“Selain irit juga bisa membawa barang dan keluarga lebih banyak,” kata Gojin, saat beristirahat di SPBU Balonggandu, Jatisari, Karawang, Kamis (30/5/2019).

 


Artikel yang berjudul “Siasat Pangkas Ongkos Mudik: Pakai Motor Roda Tiga” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment