Si Kecil Suka Main Gadget?Ternyata Ada 6 Manfaat Gadget Untuk Anak Loh Bun - Ide Nasional

Breaking

Saturday, May 25, 2019

Si Kecil Suka Main Gadget?Ternyata Ada 6 Manfaat Gadget Untuk Anak Loh Bun

Banyak orang tua yang sangat takut jika anaknya sudah menggunakan gadget. Memang bukan tanpa alasan karena kebanyakan anak jaman sekarang lebih lengket dengan gadgetnya dibandingkan dengan orang tuanya sendiri. Tapi hal ini bukan berarti menyebabkan anak tidak boleh menggunakan gadget. Penggunaan gadget bagi anak ternyata juga memberikan beberapa manfaat yang baik. Berikut ini adalah beberapa manfaat penggunaan gadget pada anak:

1. Meningkatkan Kemampuan Motorik

Bermain game dengan gadget bukan berarti tidak menggunakan gerakan sama sekali. Fungsi motorik pada anak justru dapat diasah dengan bermain game di gadget.

Pada beberapa game, diperlukan kemampuan motorik dalam memindahkan atau menggerakkan suatu ikon. Dengan begitu, koordinasi antara otak dan tangan harus bekerja dengan baik. Disinilah kemampuan motorik seorang anak diasah.

2. Menambah Wawasan Anak

Tak hanya meningkatkan kemampuan motorik, anak yang menggunakan gadget juga biasanya memiliki wawasan yang jauh lebih luas dibandingkan dengan anak seumurannya yang tidak menggunakan gadget. Hal ini berkaitan dengan kemampuan menggunakan media sosial pada gadget dimana informasi akan selalu update setiap menit bahkan detiknya.

Tak hanya itu, beberapa game juga menyediakan kilas balik semacam sejarah dalam cerita pendek sebagai latar belakang game tersebut. Biasanya cerita ini berasal dari sejarah yang sebenarnya sehingga menambah pengetahuan anak yang tadinya tidak mengenal sejarah menjadi kenal sejarah.

3. Membantu Anak Melek Teknologi

Hal lain yang bisa dirasakan dari penggunaan teknologi adalah anak menjadi melek teknologi. Tidak dapat dipungkiri bahwa penggunaan teknologi merupakan hal yang akrab dan seolah wajib saat ini. Begitu pula dengan penggunaan teknologi di sekolah.

Mulai dari komputer hingga tablet harus dikuasai oleh anak agar ia juga tidak mengalami kesulitan saat mengerjakan tugas sekolah yang menuntutnya menggunakan teknologi dalam prosesnya.

4. Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Penggunaan teknologi dengan tepat bukan membuat anak menjadi bodoh, justru akan meningkatkan kemampuan berpikir anak. Anak yang dapat menggunakan gadgetnya dengan baik akan memiliki kemampuan berpikir yang lebih baik.

6. Belajar Tanggung Jawab dan Kejujuran

Anak yang mampu menggunakan gadget sesuai dengan jadwal dan batasannya akan membuat kepribadiannya menjadi lebih jujur dan bertanggung jawab. Orang tua patut mengapresiasi jika anak mampu menjadi sosok yang lebih bijak dalam menggunakan teknologi.

Itulah beberapa manfaat penggunaan teknologi pada anak. Namun semua manfaat tersebut bisa didapatkan dengan bantuan dan juga pengawasan dari orang tua. Ingatlah bahwa gadget tidak selalu buruk bagi anak, namun sebagai orang tua juga harus tegas dalam memberikan batasan pada anak.

parenting

anak-main-gadget,gadget-bagi-anak,manfaat-gadget,manfaat-main-gadget,teknologi

anak-main-gadget,gadget-bagi-anak,manfaat-gadget,manfaat-main-gadget,teknologi


Artikel yang berjudul “Si Kecil Suka Main Gadget?Ternyata Ada 6 Manfaat Gadget Untuk Anak Loh Bun” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment