Sering Gatal-Gatal? Kenali Tanda-Tanda Terkena Gatal Alergi Ini - Ide Nasional

Breaking

Wednesday, May 8, 2019

Sering Gatal-Gatal? Kenali Tanda-Tanda Terkena Gatal Alergi Ini

Anda sering merasa gatal-gatal. Rasanya tidak digigit nyamuk atau serangga lainnya, mendadak terasa gatal. Gatal memang merupakan bentuk manifestasi akibat adanya gangguan dalam tubuh, misalnya saja karena alergi.

Akibat dari gatal tersebut, biasanya berupa ruam kemerahan, bengkak di area yang terdampak, dan rasanya seperti terbakar. Untuk penyebab Alergi berbagai macam, namun tak selalu menimbulkan gatal. Penyebab gatal pun berbagai macam, dan juga tak selalu karena alergi atau mengakibatkan alergi. Munculnya suatu alergi terjadi karena ada pemicunya. Kemudian disebut sebagai alergen. Keadaan ini tidak diketahui secara pasti pada setiap individu. Jadi bila Anda memiliki alergi tertentu, harus mencari tahu sendiri pemicunya.

Bila sudah mengetahui pemicunya, sebaiknya hindari pemicu tersebut di kemudian hari. Mengapa? Karena ini dapat menyebabkan syok anafilaksis yang berakibat fatal. Adanya alergen, dianggap sebagai zat asing oleh sistem imunitas tubuh. Apakah yang harus dilakukan supaya terhindar dari reaksi Alergi tersebut dan juga mengetahui penyebabnya. Antisipasi awal penanganan terhadap reaksi alergi adalah berikut ini.

Minum obat anti alergi. Pada beberapa kasus, bagi pasien yang menderita alergi tertentu dan langsung bereaksi, maka akan segera diberikan injeksi, sehingga reaksi alerginya segera reda. Injeksi ini dinamakan dengan imunoterapi, memberikan suntikan alergen untuk membentuk antibodi yang melawan zat asing masuk dalam tubuh.Selalu hindari penyebab alergi. Karena alergen akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, mengakibatkan tubuh mengalami reaksi hipersensitivitas. Bila tak diketahui memiliki alergi tertentu, maka dapat dilakukan skin test. Caranya adalah dengan memaparkan alergen pada kulit atau menyuntikkan di area tertentu. Kemudian ditunggu sekitar 15-30 menit apakah muncul tanda-tanda alergi. Biasanya uji skin test ini untuk mengetahui apakah seorang pasien alergi obat tertentu atau tidak.Kenakan pakaian yang tidak terlalu ketat, nyaman dan menyerap keringat. Pakaian dalam yang nyaman juga berpengaruh terhadap kulit yang mengalami alergi. Umum juga terjadi pada orang atau anak-anak yang memiliki biang keringat. Bila baju terlalu ketat akan memperparah kondisi kulit, sehingga rasa gatal berlebihan akan muncul. Atasi rasa gatal tersebut dengan mengoleskan bedak tabur seperti Herocyn atau Caladine sebelum berpakaian.Jangan menggaruk kulit yang terasa gatal. Hal tersebut akan membuat kulit meradang. Kemudian meninggalkan bekas luka, sehingga menyebabkan infeksi.Berkaitan dengan poin keempat, untuk mencegah kulit meradang atau sudah terlanjur meradang akibat alergi, Anda dapat mengoleskan salep atau krim. Salepnya yang mengandung bahan obat aktif golongan kortikosteroid Desoximethasone, Hydrocortisone atau krim yang mengandung turunan vitamin B3. Dengan mengoleskan salep atau krim tersebut rasa gatal akan berkurang, kemudian membantu menyamarkan bekas luka pada kulit yang meradang tadi.Terakhir adalah mandi air dingin. Beedasarkan pernyataan para ahli, air dingin ini mampu meredakan reaksi hipersensitivitas pada kulit. Anda juga bisa cukup meng-kompres area tertentu yang terdampak alergi.

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk meredakan alergi, bila tiba-tiba muncul atau bereaksi. Hindari segala macam pemicu yang dapat memicu alerginya.

Bila telah dinyatakan dokter, Anda memiliki alergi, segera cari tahu, karena seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bila gejala dan reaksi alergi dibiarkan akan menyebabkan syok anafilaksis. Segeralah ketahui sumber alergen, lakukan terapi yang cocok dan rutin, maka hidup anda akan aman serta baik-baik saja. Walaupun memiliki terapi pengobatannya, tetap hindari pemicu alergi Anda. Salam sehat selalu.

health

alergi,gatal,kesehatan,kulit

alergi,gatal,kesehatan,kulit


Artikel yang berjudul “Sering Gatal-Gatal? Kenali Tanda-Tanda Terkena Gatal Alergi Ini” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment