Say No To Dehidrasi! Cegah Dehidrasi Saat Puasa Dengan Melakukan Ini - Ide Nasional

Breaking

Monday, May 6, 2019

Say No To Dehidrasi! Cegah Dehidrasi Saat Puasa Dengan Melakukan Ini

Dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh sering terjadi saat puasa. Hal ini dikarenakan kurangnya kita mengkonsumsi air putih saat sahur dan berbuka. Selain itu juga, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan dehidrasi atau kurangnya cairan dalam tubuh kita, yaitu mungkin dikarenakan banyaknya aktivitas yang harus dikerjakan sehingga metabolisme tubuh tak cukup imbang mengatasi padatnya aktivitas yang menjadi rutinitas di siang hari. Kemudian, faktor cuaca yang tidak menentu, kadang panas kadang hujan.

Kalau sudah panas, panas banget. Tapi sekali hujan deres banget. Nah, faktor-faktor itu tadilah yang menjadikanmu kompleks terkena dehidrasi. Jangan salahkan puasanya ya. Ingat puasa itu memberikan hal yang baik untuk tubuh kita, diantaranya : membersihkan toksin ataupun kotoran dan racun yang ada di tubuh kita, menjaga metabolisme agar tetap imbang, mengistirahatkan lambung dan usus yang pastinya tidak bisa kita bersihkan secara langsung.

Untuk menghindari dehidrasi selama kamu puasa, alangkah baiknya kamu mengikuti beberapa tips berikut ini :

1. Minum Air Putih yang Cukup

Air putih merupakan cairan utama yang memiliki kandungan mineral yang cukup dibutuhkan tubuh. Eits…dengan catatan, air putih yang diminum harus sesuai dengan porsi yang dibutuhkan tubuh. Nah, selama puasa tubuh kamu kan kehilangan cairan selama lebih dari 12 jam alangkah baiknya kamu atur minum air putih dengan catatan berikut :

1 gelas air putih ketika bangun tidur (malam), bukan siang loh ya.1 gelas air di akhir waktu sahur.1 gelas air setelah azan magrib.1 gelas air sesudah shalat maghrib.1 gelas air setelah makan.1 gelas air sebelum shalat isya.1 gelas air setelah shalat tarawih.1 gelas air sebelum tidur.

Nah dengan mengikuti semua aturan minum di atas, kemungkinan kecil kamu terkena dehidrasi di siang hari.

2. Makanan yang Cukup

Makan jangan berlebihan. Cukupi kebutuhan vitamin, ini juga dapat membantumu menghindari dehidrasi di siang hari. Jangan lupa konsumsi buah dan sayur.

3. Istirahat yang Cukup

Pas kamu capek banget di siang hari. Istirahatlah bentar, paling tidak luruskan sebentar tulang ekor dan kakimu ya setidaknya untuk mengembalikan kebugaranmu ketika puasa.

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa dicoba untuk menghindari dehidrasi di saat puasa. Jadi, puasa bukan alasan tubuhmu terkena dehidrasi. Kebanyakan dari kita lebih sering menyepelekan sesuatu daripada memprioritaskan hal yang dianggap penting. Yuk mulai sekarang cegah dehidrasi dengan melakukan beberapa hal kecil diatas. Semoga bermanfaat dan selamat menunaikan ibadah puasa.

health,lifestyle,news

cegah-dehidrasi,dehidrasi,hindari-dehidrasi,tips-hindari-dehidrasi

cegah-dehidrasi,dehidrasi,hindari-dehidrasi,tips-hindari-dehidrasi


Artikel yang berjudul “Say No To Dehidrasi! Cegah Dehidrasi Saat Puasa Dengan Melakukan Ini” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment