Polisi dan BKSDA Gagalkan Penyelundupan Ratusan Satwa Terlindungi di Surabaya - Ide Nasional

Breaking

Sunday, May 12, 2019

Polisi dan BKSDA Gagalkan Penyelundupan Ratusan Satwa Terlindungi di Surabaya

Patroli Indosiar, Surabaya – Petugas gabungan dari aparat kepolisian dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) menggagalkan penyeludupan ratusan burung langka ilegal dan reptil melalui Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Polisi juga mengamankan dua pelaku yang diduga sebagai pemesan burung langka.  

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Sabtu (12/5/2019),  petugas berhasil gagalkan penyelundupan ratusan burung anak elang jenis layang-layang hitam, burung nuri kepala hitam, burung manyar, burung tuwu, serta sejumlah reptil.

Ratusan hewan tersebut semula dibawa menggunakan truk yang akan menaiki kapal dari Makassar menuju Surabaya.  

“Ini semua hewan ada di dalam truk. Kita melakukan penangkapan usai pelaku mengambil hewan-hewan. Ini ada hewan yang dilondungi ada juga yang tidak ada perlindungan,” ujar Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya AKBP Antonius Agus Rahmanto.  

Kepada polisi, kedua tersangka mengaku membeli burung dilindungi secara online dari Makassar. Rencananya burung tersebut akan dipasarkan di Surabaya dan Gresik, Jawa Timur.  

Akibat  perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal tentang pemanfaatan jenis tumbuhan dan satwa liar dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara dan denda Rp 100 juta.


Artikel yang berjudul “Polisi dan BKSDA Gagalkan Penyelundupan Ratusan Satwa Terlindungi di Surabaya” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment