Pesona Bukit Banda, Hamparan Kolam Awan Kebumen yang Memikat Hati - Ide Nasional

Breaking

Tuesday, May 28, 2019

Pesona Bukit Banda, Hamparan Kolam Awan Kebumen yang Memikat Hati

Halo sahabat doripos. Sudah tak terasa sebentar lagi mau liburan lebaran. Apakah sahabat sudah menentukan mau liburan kemana ? ya, jika masih bingung, ada satu referensi sahabat buat menikmati libur lebaran.

Bukit Banda, sebagian orang yang baru mendengarnya mengira bukit ini berada di Banda Neira. Eeiitss jangan salah. Bukit banda yang dimaksud terletak di Kecamatan Karangsambung, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Merupakan sebuah bukit kecil, bukit Banda dapat dikunjungi siapapun.

Berjarak sekitar 27 km dari pusat kota Kebumen, perjalanan yang ditempuh hanya perlu waktu sekitar 45 menit jika menggunakan kendaraan bermotor. Jalan yang dilalui pun sudah beraspal, kecuali saat sudah mendekati lokasi kita harus ekstra kerja keras karena jalanya mulai menanjak dan berbatu.

Selama di perjalanan, kita selalu disuguhkan dengan pemandangan alam khas pedesaan. Persawahan yang baru ditanami padi juga pemandangan bukit yang masih diselimuti kabut membawa suasana menjadi sangat syahdu. Juga disepanjang jalan yang terdapat sungai yang airnya berwarna hijau muda membuat sejuk mata yang memandang.

Sekedar informasi, bahwa daerah Karangsambung, Kebumen adalah daerah Geologi terlengkap se asia tenggara. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya jenis bebatuan yang ada di daerah ini. Hal yang paling menakjubkan adalah ditemukanya beberapa bebatuan yang mengindikasikan bahwa dulunya kawasan ini tenggelam.

Selain itu disini juga memiliki tanah yang subur sehingga meskipun tanahnya miring berbukit, warga tetap menggarapnya menjadi sawah dan dibuatlah sistem sawah terasering.

Setelah sampai lokasi, sudah ada petugas yang akan mengarahkan kita untuk parkir. Untuk tempat parkir dengan gardu pandang agak jauh karena kita akan menanjak dengan jalan kaki. Untuk retribusinya hanya dikenakan biaya sebesar Rp 5000 saja. Setelah kita menanjak, hal yang akan kita saksikan adalah pemandangan awan yang seperti tertampung oleh bukit yang mengitarinya.

Jika dibayangkan seperti kawah raksasa yang menampung awan di dalamnya. Namun hal yang paling menakjubkan dari bukit Banda adalah dapat dinikmati untuk melihat sunrise dan sunset sehingga orang-orang yang berkemah disini dapat benar-benar menikmati keindahan alam disini.

pemandangan di sisi lain bukit

Di sekitar gardu pandang sudah tersedia banyak warung yang menyuguhkan beragam makanan. Untuk menikmati bukit banda secara optimal, disarankan datang saat musim kemarau agar awan yang terkumpul semakin pekat. Juga jika ingin menikmati sunrise kurang lebih harus sampai lokasi sekitar pukul 5.30 wib.

travel

pariwisata-indonesia,pesona-alam-indonesia,pesona-bukit-banda-kebumen,wisata-bukit-kebumen

pariwisata-indonesia,pesona-alam-indonesia,pesona-bukit-banda-kebumen,wisata-bukit-kebumen


Artikel yang berjudul “Pesona Bukit Banda, Hamparan Kolam Awan Kebumen yang Memikat Hati” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment