Ketahui 3 Arti Penting Penempatan Patung Ganesha Di Rumah Berikut Ini! - Ide Nasional

Breaking

Monday, May 13, 2019

Ketahui 3 Arti Penting Penempatan Patung Ganesha Di Rumah Berikut Ini!

Ganesha di lambangkan dalam bentuk manusia dengan kepala gajah. Sebutan lain dari dewa ganesha adalah Ganapati atau Winayaka. Dalam agama hindu India, patung ganesha dalam posisi duduk sedangkan untuk versi bali patung ganesha dalam bentuk berdiri.

Ganesha adalah anak dari dewa siwa dan dewi pratiwi yang memiliki kedudukan sebagai dewa kebijaksanaan untuk ilmu pengetahuan karena kecerdesannya. Terkenal sebagai dewa ilmu pengetahuan, tidak heran jika dewa ganesha menjadi simbol beberapa fakultas tinggi di bali.

Selain sebagai dewa ilmu pengetahuan, dewa ganesha juga menjadi
dewa penghalau rintangan yang bertujuan untuk melindungi manusia dari hal-hal negatif
terhadap keluarga dan lingkungannya menjadi lebih harmonis.

Lalu, dimana letak patung ganesha yang biasa berada di rumah
warga yang beragama hindu?Dulu nya patung ganesha di letakkan di pintu masuk
atau biasa disebut dengan aling-aling rumah. Dan ini menjadi kontroversi dalam
penempatannya.

1. Posisi Patung Ganesha Di Rumah

Menurut Jero Mangku Janji yang dilansir di aliexpress.jawapos.com, penempatan dewa ganesha di aling-aling rumah  tidak layak karena jika berada di tempat aling-aling tentunya bukan sebagai patung pemujaan, tetapi hanya sebagai hiasan patung saja. Banyak sekali masyarakat bali terutama bagi umat Hindu, memasang patung dewa ganesha di aling-rumah sebagai tren yang saat itu sedang berkembang di kota Bali.

Penempatan yang tepat untuk patung dewa ganesha adalah
bagian yang sangat layak untuk di puja. Tempat tersebut adalah di pekarang
rumah atau areal utama yang biasa disebut dengan Merajan. Posisi yang tepat
adalah disebelah palinggih anglurah.

Telah di jelaskan di atas bahwa penempatan yang tren saat ini adalah di aling-aling rumah. Akan tetapi, penempatan tersebut memiliki arti yang sangat penting. Berikut ini ada beberapa penempatan patung ganesha yang memiliki arti penting bagi umat hindu di Bali untuk penempatan patung Ganesha di rumah :

Aling-aling rumah, dimana penempatan patung ganesha berada di di pintu masuk rumah yang memiliki arti sebagai penghalang kekuatan negatif yang masuk kerumah. Dengan adanya patung ganesha di aling-aling rumah, dapat terhindar dari unsur-unsur negatif yang dapat mencelakai isi rumah.Halaman rumah, yang konon diartikan sebagai pelindung pekarangan atau penghuni rumah dari hal-hal yang negatif.Pura/merajan, dimana tempat tersebut di khususkan untuk pemujaan dewa ganesha. Jika umat hindu meletakkan dewa ganesha pada pura, itu berarti dia termasuk salah satu pemuja dewa ganesha yang tekun.

Untuk penempatan yang lain, biasanya di letakkan di ruang tamu, tengah ruangan rumah, di atas meja,tempat suci yaitu tempat khusus yang ada di dalam rumah, di plangkiran. Untuk pemujaan dewa Ganesha, umat Hindu mengadakan upacara Rsi Gana untuk memberikan ketenangan, kedamaian dan keharmonisan keluarga.

hindu

agama-hindu,dewa-ganesha,patung-ganesha,peletakkan-patung-ganesha

agama-hindu,dewa-ganesha,patung-ganesha,peletakkan-patung-ganesha


Artikel yang berjudul “Ketahui 3 Arti Penting Penempatan Patung Ganesha Di Rumah Berikut Ini!” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment