Inilah Deretan 10 Makanan Khas Lebaran yang Dibuat Dari Beras! - Ide Nasional

Breaking

Friday, May 24, 2019

Inilah Deretan 10 Makanan Khas Lebaran yang Dibuat Dari Beras!

Lebaran merupakan salah satu momen dimana setiap rumah akan menyajikan banyak aneka macam makanan. Kebanyakan makanan yang tersedia di atas meja makan saat hari raya ini adalah makanan yang dibuat dari beras. Berikut ini adalah beberapa makanan khas Lebaran yang dibuat dari beras:

1. Ketupat

Bukan Lebaran namanya kalau tidak ada ketupat di atas meja makan. Makanan yang dibuat dari beras dan dimasukkan dalam wadah yang dibutuhkan dari daun kelapa atau janur ini adalah makanan ikon Lebaran. Ketupat biasanya disajikan bersama dengan opor ayam atau gulai ayam.

2. Lontong Sayur

Selain ketupat, ada juga lontong sayur yang tak kalah nikmatnya. Lontong sayur dibuat dari beras yang dimasak dalam balutan daun pisang lalu dipotong-potong dan disajikan bersama dengan kuah sayur. Lontong sayur juga disajikan dengan aneka lauk pauk seperti ayam goreng atau sambal telur rebus.

3. Buras

Buras adalah makanan khas Lebaran yang datang dari Makassar. Buras sering dianggap sama dengan lontong padahal berbeda dari segi bentuk, pembuatan, dan rasa. Buras memiliki bentuk agak pipih serta rasa lebih gurih karena dimasak dengan menggunakan santan. Buras menjadi sajian yang nikmat di tengah meja makan bersama keluarga.

4. Lemang

Lemang adalah makanan khas Lebaran yang selalu tersedia di meja makan. Lemang dibuat dari beras ketan yang dimasak dalam bilah bambu dengan campuran santan hingga rasanya gurih. Lemang biasanya disajikan dengan tapai sehingga lebih nikmat.

5. Pali-pali

Makanan yang satu ini berasal dari Ternate dimana pada jaman dulu hanya Sultan dan keluarganya lah yang bisa memakan pali-pali. Tapi kini semua orang bisa menikmati pali-pali yang nikmat ini. Pali -ali dibuat dari beras yang dimasak dalam daun lontar sehingga memiliki wangi yang khas.

6. Bakcang

Bakcang adalah makanan yang dibuat dari beras ketan dengan isian jamur atau suwiran daging ayam di dalamnya. Bakcang merupakan makanan peranakan Tionghoa sehingga memiliki rasa oriental yang sangat khas. Sajian khas Lebaran ini sebenarnya semakin jarang dijumpai di meja makan.

7. Lepet

Lepet atau lepat adalah makanan khas Lebaran yang dibuat dari beras ketan, kelapa parut, dan kacang merah. Dengan menggunakan daun kelapa muda, lepet dimasak hingga matang. Rasa lepet yang manis membuat sajian ini disukai anak-anak.

8. Pesor

Sekilas bentuk pesor mirip dengan buras, namun jika diperhatikan lebih dekat keduanya berbeda. Pesor dibuat dari beras yang juga direbus seperti lontong. Dalam penyajiannya, pesor yang berasal dari Betawi ini disajikan bersama dengan sayur lelawar yang berisi daging cincang.

9. Timpan

Timpan adalah makanan khas Aceh yang dibuat dari beras ketan, santan, gula, dan parutan kelapa. Timpan menjadi makanan favorit saat berkumpul bersama keluarga di hari raya.

10. Nasi Liwet

Nasi liwet hampir mirip dengan nasi gurih. Nasi liwet dimasak dengan santan sehingga rasanya pun gurih. Nasi liwet biasanya disajikan bersama dengan suwiran daging ayam dan sayur labu Siam di atasnya.

Itulah 10 makanan khas Lebaran yang selalu hadir di atas meja makan keluarga. Meskipun masih banyak beraneka ragam makanan lainnya, namun yang terpenting dalam Lebaran adalah kebersamaan dengan keluarga.

kuliner

ketupat-untuk-lebaran,kuliner-khas-lebarana,makanan-dari-beras,makanan-khas-lebaran,makanan-lebaran-daerah,opor-ayam

ketupat-untuk-lebaran,kuliner-khas-lebarana,makanan-dari-beras,makanan-khas-lebaran,makanan-lebaran-daerah,opor-ayam


Artikel yang berjudul “Inilah Deretan 10 Makanan Khas Lebaran yang Dibuat Dari Beras!” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment