Ini Dia Macam-Macam Zakat Yang Harus Kamu Ketahui - Ide Nasional

Breaking

Friday, May 31, 2019

Ini Dia Macam-Macam Zakat Yang Harus Kamu Ketahui

Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang harus dibayarkan oleh orang muslim. Zakat sendiri memiliki arti tumbuh, berkembang, membersihkan. Zakat memiliki arti menyucikan atau membersihkan harta yang kita miliki.

Zakat dibagi menjadi beberapa macam, diantaranya :

1.Zakat fitrah
Zakat fitrah biasanya dikeluarkan satu tahun sekali di bulan ramadhan, dengan kadar 2,5 kg atau sekitar 3,1 liter beras atau jumlah makanan pokok yang berlaku di daerah tempat kamu mukim. Jadi semisal kamu tinggal di daerah yang makanan pokoknya adalah gandum, maka zakat yang harus dikeluarkan adalah gandum.

Oh iya untuk pengeluaran zakat sendiri pun harus setara dengan harga yang biasanya kita makan, jadi semisal harga beras yang kamu makan 1 liter atau kilogram (kg) nya seharga Rp. 11.000, maka zakat yang dikeluarkan pun harus setara. Jadi nggak boleh tuh kamu ngeluarin zakat dengan harga Rp. 9.500. Lalu kalau mau kita zakat dengan harga beras yang seliter atau sekg-nya Rp. 12.000 bagaimana ? Apakah boleh ? Sangat boleh.

Niatnya
نويت ان اخرج زكاة الفطر عن نفس لله تعا لى
Artinya : saya niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diri saya sendiri karena Allah taala

2.Zakat mal
Zakat mal atau zakat harta dikeluarkan jika sudah mencapai nisab. Nisab adalah ukuran waktu dengan jumlah kadar yang telah ditentukan. Barang-barang yang kena zakat mal (harta) adalah hasil pertanian (padi, jagung), hewan ternak (unta, kambing, sapi), dan emas. Semua itu tidak langsung dizakatkan begitu saja tapi ada ukuran nasabnya tersendiri.

3.Zakat profesi
Zakat profesi biasanya masuk ke dalam zakat harta, akan tetapi ada yang beranggapan berbeda. Zakat profesi biasanya dikeluarkan untuk pembersihan harta yang kita miliki. Biasanya zakat profesi dikeluarkan sebanyak 2.5 % dari penghasilan yang kita miliki.

Nah kalau kita sudah mengeluarkan zakat. Kira-kira siapa saja golongan yang berhak menerima zakat yang kita keluarkan ? Dalam Islam ada 8 ashnaf (golongan) orang yang berhak menerima zakat (mustahiq), diantaranya :

Fakir
Fakir adalah orang yang memiliki pekerjaan tetapi tidak cukup untuk mencukupi kebutuhan sehari-hariMiskin
Miskin adalah orang yang tidak memiliki pekerjaan dan tidka punya cukup harta untuk mencukupi kebutuhan sehari-hariMusafir
Musafir adalah golongan orang yang pergi jauh dan tidak ada tujuan untuk melakukan kemaksiatanMualaf
Mualaf adalah orang yang baru saja masuk Islam.Gharim
Gharim adalah orang yang memiliki hutang dan tak memiliki harta yang cukup untuk merayakan hari rayaAmil
Amil adalah orang yang mengurus zakat, seperti menerima sampai mengordinir ke orang yang menerima zakatIbnu sabil
Ibnu sabil adalah orang yang berjalan di jalan Allah untuk menyiarkan dakwah tentang ajarannyaHamba sahaya
Hamba sahaya adalah budak yang hidup di zaman Nabi dan belum merdeka.

Nah itu tadi beberapa hal mengenai zakat tentang macamnya, jumlah atau ukuran yang harus dikeluarkan, siapa saja yang berhak menerima zakat. Semoga bermanfaat.

islam

macam-zakat,zakat,zakat-fitrah,zakat-mal

macam-zakat,zakat,zakat-fitrah,zakat-mal


Artikel yang berjudul “Ini Dia Macam-Macam Zakat Yang Harus Kamu Ketahui” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment