Ini Dia Cara Membersihkan Evaporator AC Mobil dan Filter Tanpa Harus ke Bengkel - Ide Nasional

Breaking

Thursday, May 2, 2019

Ini Dia Cara Membersihkan Evaporator AC Mobil dan Filter Tanpa Harus ke Bengkel

Hampir semua mobil sudah menggunakan AC sebagai pendingin ruangan kabin mobil apalagi di Indonesia yang memiliki musim panas yang sangat-sangat panas. AC mobil sangat berbeda dengan AC rumah, dimana AC mobil untuk perawatan memang harus di lakukan secara rutin, mungkin ini karena ruangan mobil yang tertutup masih bisa debu masuk ke dalam kabin.

Bagian apakah yang harus dibersihkan pada bagian AC mobil? jika AC rumah bagian freon yang dibersihkan, untuk AC mobil bagian evaporator lah yang harus dibersihkan supaya siklus udara yang masuk ke dalam kabin mobil tetap dingin dan segar.

Evaporator adalah komponen AC mobil yang berupa radiator yang memiliki fungsi sebagai penyalur udara yang terdiri dari beberapa selang yang di sambungkan ke bagian freon yang mengeluarkan udara untuk masuk ke dalam ruangan mobil. Yang sangat riskan sekali pada evaporator yaitu mudahnya debu masuk di dalamnya, maka dari itu butuh perawatan rutin untuk evaporator.

Untuk membersihkan evaporator yang mudah sekali terkena debu yang harus kita lakukan dengan membersihkan menggunakan cairan pembersih khusus yang berbentuk spray dengan kandungan foam. Dengan cara menyemprotkan ke bagian dalam blower pada evaporator, dan pada saat evaporator berfungsi cairan yang di semprotkan akan otomatis mengalir masuk ke dalam blower.

Filter merupakan tempat sebagai penyaring kotoran pada AC mobil dan ini haruslah dibersihkan secara rutin. Biasanya, filter di letakkan dekat dengan evaporator. Untuk membersihkan filter sangat mudah sekali, hanya dengan menggunakan obeng + anda dengan mudah dapat membukanya. Umumnya untuk semua jenis mobil peletakan filter diletakkan pada tempat yang mudah untuk anda buka atau bongkar.

Untuk blower biasanya diletakkan di bagian atas atau bawah. Sebaiknya teliti terlebih dahulu supaya saat penyemprotan tidak salah arah.

Setelah semua selesai hidupkan AC selama kurang lebih 5 menit untuk mengeluarkan embun pada permukaan luar evaporator. Ini bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam proses pembersihan.

Semprotkan Pada Bagian Blower

Setelah AC hidup semprotkan cairan khusus tersebut ke bagian blower yang sudah di putar pada suhu tinggi. Untuk penyemprotan cukup 3 atau 4 kali saja tidak usah terlalu banyak.

Setelah semua proses selesai dan mesin dimatikan, periksa selang ventilasi AC yang mengeluarkan busa dan tunggu hingga busa tersebut hilang. Ventilasi AC biasanya terdapat pada bagian bawah kolong mobil.

Bersihkan Selang Ventilasi

Pastikan untuk selalu membersihkan ventilasi, karena ventilasi berfungsi untuk mengeluarkan uap atau embun AC dari evaporator. Jika ventilasi tersumbat, embun akan menetap di dalam kabin mobil dan akan membuat ruangan mobil menjadi lembab.

So..tidak susah bukan membersihkan AC mobil sendiri tanpa harus ke jauh-jauh pergi ke bengkel. Dengan membersihkan sendiri tentunya anda lebih puas dan juga mengurangi biaya pengeluaran yang cukup besar. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

mobil,otomotif

ac,ac-mobil,evaporator-ac-mobil,membersihkan-ac-mobil

ac,ac-mobil,evaporator-ac-mobil,membersihkan-ac-mobil


Artikel yang berjudul “Ini Dia Cara Membersihkan Evaporator AC Mobil dan Filter Tanpa Harus ke Bengkel” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment