Ingin Berkunjung Ke Cirebon? Jangan Lupa Cicipi 10 Makanan Khas Super Nikmat Ini - Ide Nasional

Breaking

Monday, May 6, 2019

Ingin Berkunjung Ke Cirebon? Jangan Lupa Cicipi 10 Makanan Khas Super Nikmat Ini

Cirebon adalah salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki banyak daerah tujuan wisata yang menarik seperti Keraton Kanoman, Cirebon Waterland, dan masih banyak tempat wisata lainnya. Namun hal yang paling istimewa dan membuat wisatawan betah adalah kuliner yang dimiliki oleh kota ini. Berikut ini adalah beberapa makanan khas Cirebon yang selalu membuat wisatawan betah berlama-lama:

1. Nasi Jamblang

Nasi Jamblang adalah nasi yang dibungkus dalam daun jati sehingga memiliki rasa dan aroma yang khas. Nasi Jamblang biasanya disajikan bersama dengan berbagai macam lauk pauk seperti sambal ati ampela, pepes, tempe tahu goreng, sayur mayur dan lainnya.

2. Tape Ketan Daun Jambu

Makanan unik ini dibuat dari ketan putih yang difermentasikan dan dibungkus dengan menggunakan daun jambu. Rasanya yang manis dan asam semakin terasa nikmat dengan aroma dari daun jambu sebagai pembungkusnya. Tape ketan dapat dengan mudah dijumpai di Cibeureum.

3. Gepu

Gepu adalah makanan khas Cirebon yang dibuat dari singkong lalu diisi dengan oncom atau dage. Gepu memiliki bentuk bulat dan panjang. Gepu masih bisa ditemukan dengan mudah di berbagai tempat di Cirebon.

4. Pepes Intip Tahu

Pepes intip tahu khas Cirebon dibuat dari kerak tahu yang dicampur dengan bumbu pepes yang pedas. Pepes intip tahu dibungkus dengan daun pisang lalu dibakar hingga matang.

5. Pepes Rajungan

Cirebon memang memiliki banyak sekali aneka ragam kuliner termasuk pepes. Salah satu jenis pepes yang banyak diminati adalah pepes rajungan. Pepes rajungan dibuat dari rajungan atau kepiting kecil yang dibungkus daun pisang kemudian dikukus dan dibakar.

6. Pepes Oncom

Pepes oncom sama seperti namanya, terbuat dari oncom yang dicampur dengan bumbu khusus. Pepes oncom dibungkus dengan daun pisang dan dikukus lalu dibakar sebentar. Pepes oncom memiliki rasa pedas dan gurih sehingga cocok untuk dijadikan lauk.

7. Kue Koci

Kue koci banyak dijumpai terutama saat bulan puasa tiba. Kue koci sangat cocok dijadikan sebagai menu pembuka puasa. Kue koci dibuat dari tepung ketan dengan isian parutan kelapa dan gula di dalamnya. Kue yang dibungkus dengan daun pisang ini memiliki rasa manis yang sangat nikmat.

8. Nagasari

Nagasari tentunya bukan makanan asing lagi bagi kita. Kue yang bisa dijumpai di seluruh wilayah Indonesia ini juga merupakan makanan khas Cirebon yang masih eksis hingga sekarang. Nagasari dibuat dari tepung beras yang dengan isian potongan pisang di dalamnya.

9. Lemper

Sama seperti nagasari, lemper juga bisa kita temukan di Cirebon dengan rasa khas yang menggugah selera. Lemper khas Cirebon memiliki rasa gurih yang lebih terasa karena penggunaan santan yang kental dan bumbu khas. Lemper khas Cirebon bisa ditemukan dimana saja di Cirebon.

10. Kue Cikak

Kue cikak atau biasa dikenal juga dengan sebutan kue tok adalah panganan khas Cirebon yang dibuat dari tepung ketan. Kue cikak biasanya berwarna merah dengan isian kacang hijau didalamnya.

Itulah 10 makanan khas Cirebon yang masih menjadi primadona hingga saat ini. Kuliner di Cirebon memang selalu menjadi incaran para wisatawan yang berkunjung kesana dan sudah jadi kewajiban bagi kita untuk selalu melestarikan koleksi kekayaan Nusantara ini.

kuliner

kota-cirebon,kuliner-khas-cirebon,kuliner-khas-daerah,makanan-khas-cirebon

kota-cirebon,kuliner-khas-cirebon,kuliner-khas-daerah,makanan-khas-cirebon


Artikel yang berjudul “Ingin Berkunjung Ke Cirebon? Jangan Lupa Cicipi 10 Makanan Khas Super Nikmat Ini” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment