Hatimu Sering Gelisah dan Galau ? Yuk Coba Obati Dengan Cara Ini - Ide Nasional

Breaking

Friday, May 31, 2019

Hatimu Sering Gelisah dan Galau ? Yuk Coba Obati Dengan Cara Ini

Hati merupakan salah satu bagian terpenting dalam tubuh manusia. Hati menjadi penentu manusia dalam hal bersikap dan berperilaku di dalam kehidupan sehari-hari. Jika didalam hati kita tersirat untuk melakukan hal yang buruk, maka kita akan melakukan sesuatu yang buruk dan sebaliknya jika didalam hati kita terbesit untuk melakukan hal yang baik maka kita akan melakukan hal yang baik pula dalam kehidupan kita.

Sama seperti anggota tubuh yang lain, hati pun terkadang memiliki penyakit yang tidak bisa disembuhkan oleh medis pada umumnya. Mengapa ? Karena hati merupakan pangkal dari adanya tindak laku seseorang seperti yang dikatakan di atas tadi. Penyakit hati pun bermacam-macam ada yang ringan sampai ada yang berat. Penyakit iri, tamak, dan lainnya merupakan contoh dari penyakit hati. Lalu bagaimana kita mengobatinya ? Cara kita mengobatinya adalah seperti syair yang ditembangkan oleh waliyullah Sunan Bonang. Berikut liriknya :

Tombo ati iku limo perkarane
Kaping pisan moco quran lan maknane
Kaping pindo sholat wengi lakonono
Kaping telu wong kang shaleh kumpulono
Kaping papat kudu weteng ing kang luwe
Kaping limo zikir wengi ingkang suwe
Salah sawijine sopo biso ngelakoni
Mugi-mugi gusti Allah njembatani

Yang diterjemahkan menjadi :
Obat hati itu lima perkaranya
Yang pertama baca quran dan maknanya
Yang kedua shalat malam dirikanlah
Yang ketiga berkumpullah dengan orang shaleh
Yang keempat perbanyaklah berpuasa
Yang kelima dzikir malam perpanjanglah
Salah satunya siapa bisa menjalani
Moga-moga gusti Allah mencukupi

Ada lima perkara yang menjadi obat hati ketika hati kita dihinggapi perkara atau hal yang buruk, diantaranya :

1. Membaca Al-Qur’an dan Maknanya

Al-Qur’an merupakan firman Allah yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad untuk dijadikan pedoman hidup bagi manusia. Pedoman yang dimaksud untuk mengatur hak kewajiban dan tatanan hidup manusia, menjadi obat hati ketika dilanda masalah dan kalut ketika dihadapi masalah.

2. Shalat Malam Dirikanlah

Shalat malam menjadi amalan yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah. Shalat malam biasanya dilakukan di malam hari di 1/3 malam terakhir. Malam hari menjadi pilihan yang tepat untuk mengadu dan meminta petunjuk kepada Allah, karena di waktu malam biasanya banyak orang yang tidur terlelap terjaga di malamnya.

3. Berkumpul Dengan Orang Shaleh

Jika kamu kalut dilanda masalah, gelisah, galau dan lainnya. Maka lakukanlah obat hati yang membuatmu tenang, berkumpul dengan orang yang shaleh, karena berkumpul dengan mereka kalian akan mendapat manfaat berupa pembelajaran ilmu-ilmu tentang agama.

4. Perbanyak Berpuasa

Puasa artinya menahan. Menahan yang dimaksud bukan hanya makan dan minum saja. Akan tetapi juga menahan diri dari hawa nafsu dan emosi yang membuat diri kita selalu marah, gelisah, susah. Jika kamu mengalami hal demikian maka perbanyaklah berpuasa, dengan tujuan bertaqarub kepada Allah.

5. Dzikir Malam Diperpanjang

Dzikir artinya mengingat Allah. Dengan kamu mengingat kenikmatan yang telah diberikan Allah, niscaya kamu akan terhindar dari penyakit hati yang membuatmu gelisah dan jengkel kepada sesuatu yang membuatmu gelisah.

Itulah obat hati yang bisa kamu lakukan untuk mencegah penyakit hati yang terus menggerogoti tubuhmu sendiri

islam

agar-hati-tentram,amalan-pengobat-hati,hati,obat-hati,obat-hati-gelisah

agar-hati-tentram,amalan-pengobat-hati,hati,obat-hati,obat-hati-gelisah


Artikel yang berjudul “Hatimu Sering Gelisah dan Galau ? Yuk Coba Obati Dengan Cara Ini” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment