Fakta Tentang Kuyang, Mahluk Mitos Asal Kalimantan yang Gemar Memakan Bayi - Ide Nasional

Breaking

Thursday, May 2, 2019

Fakta Tentang Kuyang, Mahluk Mitos Asal Kalimantan yang Gemar Memakan Bayi

Kuyang belakangan ini kembali menjadi perbincangan hangat masyarakat usai salah satu foto bukti penampakannya tersebar di media sosial. Foto tersebut menangkap sosok Kuyang yang sedang berkeliaran dan di bawah pohon yang diketahui berada di daerah Makassar.

Menurut mitos, Kuyang sendiri adalah mahluk yang digambarkan dengan sosok kepala manusia tanpa tubuh dengan organ dalam yang terburai keluar. Kuyang diceritakan bergerak dengan cara terbang.

Menurut beberapa warga asal Kalimantan, Kuyang merupakan seseorang yang sedang mendalami sebuah ilmu hitam, dimana saat waktu waktu tertentu ia akan berubah menjadi sosok Kuyang untuk berburu bayi yang baru lahir atau darah wanita yang sedang hamil tua. Kuyang biasanya digambarkan juga sebagai seorang wanita dengan wajah yang pucat dan bermata merah.

Cukup banyak foto Kuyang yang tersebar di internet saat ini yang gambarannya sangat mengerikan. Supaya teman teman tidak penasaran, berikut beberapa fakta mengenai Kuyang yang sudah disusun dari berbagai sumber.

Asal Muasal Kuyang

Kuyang atau warga luar Kalimantan biasa menyebutnya dengan Palasik atau di Bali sebagian warga menyebutnya Leak, menurut beberapa orang adalah suatu ajian keabadian. Biasanya orang yang ingin hidup abadi menekuni ajian ini tanpa perduli akibatnya.

Biasanya yang menekuni pun wanita yang ingin terus bisa tampil cantik meski umurnya terus bertambah. Dalam sarat ajian tersebut tertulis bahwa mereka harus meminum darah bayi yang baru lahir atau darah para ibu yang sedang hamil tua.

Apabila sudah menemukan mangsanya, biasanya Kuyang akan mengelus ngelus perut bayi atau ibu yang sedang hamil sebelum ia menculiknya. Oleh karena itu sampai sekarang para warga di desa desa di Kalimantan masih percaya bahwa setiap ibu yang hamil harus ditemani saudaranya selama 24 jam.

Di daerah Sumatera, hantu Kuyang ini lebih dikenal dengan sebutan Palasik, meski ciri cirinya sama, yakni Kepala tanpa tubuh dengan organ dalam menempel dan bisa terbang, namun kemampuan dan asal usul Kuyang dan Palasik ini dikatakan berbeda.

Menurut orang Sumatera, Palasik biasanya adalah ilmu yang diturunkan dan bukan sepenuhnya kemauan sendiri. Ciri ciri orang yang menekuni ilmu Palasik juga bisa dilihat dari adanya cekungan antara hidung dan bibir atau tidak. Selain itu cara Palasik memangsa korbannya pun disinyalir hanya dengan tatapan mata.

Mangsa Kuyang

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa Kuyang sangat gemar memangsa bayi atau pun ibu hamil dan ibu yang baru saja melahirkan. Hal ini tak lepas dari kondisi mereka yang memang masih memiliki lemah secara fisik dan mental.

Terutama bagi ibu yang baru melahirkan, mereka biasanya tak hanya diincar Kuyang, namun juga diincar oleh mahluk ghaib lain seperti Kuntilanak dan Genderuwo. Itu dikarenakan kondisi ibu yang baru melahirkan masih lemah dan harus membagi energi kehidupannya kepada sang bayi.

Sementara itu menurut kepercayaan orang Sumatera terutama suku Minang, Palasik dibagi tiga menurut mangsa yang ia buru. Meski sama sama mengincar anak anak atau balita, namun jenis mangsa mereka bisa dikatakan berbeda.

Yang pertama ada Palasik yang gemar memangsa bayi atau janin yang masih ada di dalam kandungan si ibu. Lalu Palasik selanjutnya ada juga yang senang memangsa bayi yang baru lahir, dan yang ketiga ada juga Palasik yang suka memangsa jasad jasad bayi atau balita.

Bagaimana Cara Kuyang atau Mahluk Sejenisnya?

Cara utama menangkal Kuyang adalah sama seperti cara menangkal mahluk ghaib bersifat jahat lainnya, yakni meminta doa kepada Tuhan yang Maha Esa, atau bagi umat muslim bisa dilakukan dengan senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Akan tetapi menurut kepercayaan leluhur di desa desa terpencil di Kalimantan, ada cara lain mengusir Kuyang, yakni dengan cara mengantongi bawang merah dan bawang putih. Bau yang dikeluarkan bawang ini dipercaya tidak disukai oleh Kuyang.

Selain itu Kuyang juga bisa ditangkap dengan tangan kosong namun tentunya dengan beramai ramai. Walaupun sulit lantaran mahluk ini bisa terbang dan punya gerakan cepat, namun sampai kini banyak warga Kalimantan yang senang berburu Kuyang. Hal ini tidak lepas dari mitos bahwa bila kita bisa menangkap Kuyang, dia bisa mengambulkan apapun permintaan kita.

Sekian fakta fakta mengenai Kuyang, ada atau tidaknya Kuyang, tentu saja semua kembali pada sobat pembaca. Namun yang pasti hal hal tentang Kuyang ini harusnya bisa membuat kita lebih bisa berserah diri kepada Tuhan dan senantiasa meminta perlindungannya dari segala macam marabahaya.

daerah,viral

indonesia,kalimantan,kuyang,sumatera,viral

indonesia,kalimantan,kuyang,sumatera,viral


Artikel yang berjudul “Fakta Tentang Kuyang, Mahluk Mitos Asal Kalimantan yang Gemar Memakan Bayi” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment