Ditjen Polpum Kemendagri Buka Puasa Bersama di Ponpes Riyadhul Huda - Ide Nasional

Breaking

Sunday, May 26, 2019

Ditjen Polpum Kemendagri Buka Puasa Bersama di Ponpes Riyadhul Huda

Ide Nasional, Jakarta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Ditjen Polpum) bersama jajaran menyelenggarakan buka puasa bersama di Pondok Pesantren Riyadhul Huda, Bogor, Minggu (26/5/2019).

“Islam adalah agama yang menganjurkan umatnya untuk senantiasa berbuat baik. Amalan dalam Islam tidak hanya berupa ibadah seperti salat, baik shalat wajib maupun sunnah, puasa, zakat, dan sebagainya, melainkan juga tersenyum dan menjalin tali silaturahmi,” ujar Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum, Soedarmo.

Menurutnya, menjalin silaturahmi adalah salah cara mewujudkan ukhuwah islamiyah serta dapat dilakukan dengan cara mengunjungi sanak keluarga dan saudara. Selain membuat orang lain yang dikunjungi merasa senang, silaturahmi juga memiliki banyak keutamaan. 

 

Soedarmo melanjutkan, silaturahmi adalah tanda-tanda seseorang beriman kepada Allah SWT. Orang yang suka mengunjungi sanak saudaranya untuk menjalin silaturahmi akan dipanjangkan umurnya dan diluaskan rezekinya. Menyambung tali silaturahmi sama dengan menyambung hubungan dengan Allah SWT.

Balasan orang yang menyambung tali silaturahmi adalah didekatkan dengan surga dan dijauhkan dari api neraka. Menyambung tali silaturahmi adalah salah satu hal yang diperintahkan oleh Allah SWT, maka dengan menjalankan perintahnya maka kita taat kepada Allah SWT. Mengunjungi sanak saudara dan bersedekah adalah salah satu perbuatan mulia dan memiliki faedah yang besar.

Bersedekah kepada keluarga lebih diutamakan daripada bersedekah kepada orang lain dan bisa menghindari dari perbuatan riya. Bersedekah kepada keluarga dan orang lain kemudian menceritakannya atau riya adalah salah satu dari hal-hal yang menghapus amal ibadah sedekah tersebut.

“Harapannya kita sebagai umat muslim wajib menjaga silaturahmi agar yang kita peroleh untuk selalu meiliki akhlak terpuji dan beramal saleh. Mengunjungi sanak saudara dan menjaga lisan sangatlah diutamakan karena bahaya lidah sangatlah besar. Semoga kita senantiasa mendapat hidayah Allah SWT dan terhindar dari siksa di hari kiamat,” ucap Soedarmo.

 

 

(*)


Artikel yang berjudul “Ditjen Polpum Kemendagri Buka Puasa Bersama di Ponpes Riyadhul Huda” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment