8 Faktor yang Perlu Dipertimbangkan dalam Pemilihan Lokasi Usaha - Ide Nasional

Breaking

Tuesday, May 7, 2019

8 Faktor yang Perlu Dipertimbangkan dalam Pemilihan Lokasi Usaha

lokasi-usaha-yang-tepat

Usaha adalah jalan yang perlu dipertimbangkan ketika sudah atau belum memiliki pekerjaan. Dalam menjalani usaha tersebut, sebaiknya mempertimbangkan banyak hal untuk mengatasi kemungkinan buruk yang akan terjadi. Lalu, apa sajakah faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan lokasi usaha? Berikut adalah ulasannya.

Untuk mendapatkan lokasi usaha sesuai dengan kebutuhan usaha Anda nantinya, upayakan untuk melakukan survei terlebih dahulu. Survei tersebut dilakukan untuk mendapatkan rekomendasi lokasi usaha, pertimbangan kelayakan usaha, dan penyesuaian modal usaha dengan budget yang dimiliki.

Wilayah yang strategis dapat diukur dari segi geografis dan astronomisnya. Misalnya, jika Anda ingin berjualan pupuk, sebaiknya Anda memilih lokasi usaha di sekitar tempat berlangsungnya kegiatan tersebut. Atau, prakiraan strategisnya suatu wilayah juga dapat dilihat dari aktivitas apa dan jenis kebutuhan apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat di sekitar.

Selain memperhatikan sasaran wilayah, Anda juga harus memastikan kemudahan akses lokasi usaha. Ini nantinya akan mempengaruhi budget yang Anda miliki. Misalkan Anda mendapatkan lokasi yang minim kompetitor, namun akses lokasi sangat sulit, usaha tersebut tentunya akan memakan modal sebanyak dua kali lipat bahkan lebih. Modal pertama berlaku sebagai modal utama dan Anda harus membayar biaya transportasi ke lokasi usaha sebagai modal kedua. Oleh karenanya, Anda juga harus mempertimbangkan secara matang tentang akses lokasi usaha yang nantinya menjadi bagian dari usaha Anda.

Selain pemilihan lokasi yang strategis, Anda juga harus mempertimbangkan kepentingan usaha Anda dengan budget yang dimiliki. Alasannya adalah budget merupakan tiang sebuah usaha karena usaha akan bisa berjalan jika memiliki budget yang memadai. Budget tersebut akan meliputi modal, sewa lokasi, perizinan usaha, dan lainnya.

Kepadatan penduduk sebenarnya tidak menjamin kemajuan suatu usaha. Ini dikarenakan semua usaha dan lingkungan sekitar harus saling memiliki keterikatan atau bersifat relevan. Jika usaha yang Anda kelola tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat sekitar, Anda juga tidak mendapatkan peluang untung besar meskipun lingkungan tersebut sangat padat jumlah penduduknya.

Perizinan usaha adalah hal selanjutnya yang perlu diperhatikan. Ini juga terbilang sebagai poin yang sangat penting. Apabila Anda sudah menemukan tempat usaha terbaik dengan akses dan lokasi yang memadai, ini tidak akan cukup jika Anda tidak mendapatkan izin usaha di lokasi tersebut. Oleh karenanya, pastikan terlebih dahulu akan kemudahan izin di lokasi usaha yang Anda tuju.

Ketika melakukan survei, usahakan untuk tidak hanya terfokus pada wilayah yang padat. Akan tetapi, kepadatan wilayah tersebut harus sesuai dengan usaha yang Anda lakoni nantinya. Ini bisa dipertimbangkan dengan mengetahui rata-rata usia penduduk di sekitar lokasi Anda. Pastikan bahwa produk Anda sangat relevan dengan usia mayoritas penduduk di sana.

Kompetitor merupakan salah satu alasan yang ditakutkan oleh pelaku usaha. Namun, percayalah bahwa setiap usaha keras yang dilakukan tidak akan berpaling dari hasil yang menakjubkan. Meskipun demikian, usaha yang dilakukan dalam mengatasi kompetitor adalah inovasi usaha. Ini adalah suatu cara untuk mengikat pembeli karena sifat pembeli ialah pemburu hal-hal baru termasuk dalam bentuk produk.

Nah, itulah beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan lokasi usaha. Seluruh poin tersebut sebaiknya tidak boleh dilewatkan meskipun satu poin pun. So, keep consistence dan semoga apa yang Anda usahakan dapat berjalan dengan lancar.

dunia-bisnis-dan-usaha

lokasi-usaha,usaha

lokasi-usaha,usaha


Artikel yang berjudul “8 Faktor yang Perlu Dipertimbangkan dalam Pemilihan Lokasi Usaha” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment