6 Tips Menjaga Kesehatan Lambung Saat Puasa - Ide Nasional

Breaking

Thursday, May 2, 2019

6 Tips Menjaga Kesehatan Lambung Saat Puasa

asam lambung

Bulan ramadhan sebentar lagi ya guys, tentunya banyak yang harus di siapkan saat berpuasa terutama untuk kesehatan anda. Meskipun puasa memberikan manfaat bagi tubuh tetapi bagaimana jika anda memilik riwayat penyakit maag? tentunya hal tersebut haruslah anda perhatikan agar nantinya puasa anda lancar dan tidak mengalami gangguan penyakit lambung.

Menurut Dr Samuel Oetoro MS SpGK dalam pola hidup dan sehat dibutuhkan 5S yaitu Makan Sehat , Berpikir Sehat , Istirahat Sehat, Aktivitas Sehat dan Lingkungan Sehat. Terutama saat berpuasa makanan sehat wajib untuk diperhatikan terutama bagi anda yang memiliki penyakit lambung.

Ada beberapa hal yang harus anda perhatian kesehatan lambung anda agar puasa berjalan dengan lancar, yaitu:

Jangan lewatkan waktu sahur

Pastinya kebanyakan dari anda suka malas bangun pagi-pagi untuk sahur. Anda sering melewatkan waktu sahur dan itu tidak bagus untuk kesehatan lambung anda. Di anjurkan untuk kaum muslim untuk sahur pada hari. Perut tentunya harus diisi selama berpuasa. Selain menjaga isi perut tetap stabil tentunya memberikan kekuatan kita untuk tetap beraktivitas. Orang yang memiliki riwayat maag di anjurkan makan sahur agar asam lambung tidak naik.

Janganlah anda menunda berbuka puasa. Orang yang tidak memiliki riwayat maag bisa saja perut sakit jika telat makan, bagaimana dengan yang memiliki riwayat penyakit maag. Buka puasa tepat waktu sangat penting sekali untuk menghindari asam lambung naik.

Saat berbuka puasa jangan terburu-buru makan. Makanlah pelan-pelan karena makanan yang tidak dikunyak dengan benar bisa mengakibatkan asam lambung naik.

Saat sahur tidak ada salahnya anda mengkonsumsi minuman dingin seperti buttermilik atau susu tanpa gula. Kedua minuman ini sangat bagus untuk masalah keasaman pada lambung karena dapat mendinginkan perut selama berpuasa seharian dan menghilangkan rasa panas.

Konsumsi buah pisang dan melon

Buah-buahan yang sangat bagus untuk di konsumsi selama berpuasa adalah pisang dan melon. Pisang dan melon memiliki kandungan serat dan potasium yang tinggi dan mencegah keasaman pada lambung. sehingga saat baik buat anda mengkonsumsi saat sahur agar perut tetap seimbang kadar keasamannya untuk seharian penuh berpuasa.

Buah asam seperti jeruk, lemon dan sejenisnya memiliki kandungan asam yang tinggi yang bisa meningkatkan keasaman pada lambung.

Semoga tips di atas membantu anda untuk menjaga kesehatan lambung anda selama berpuasa agar tetap lancar seharian sampai sebulan penuh menjalani puasa. Terutama bagi anda yang memiliki penyakit maag yang tentunya harus diperhatikan menu makan sehat saat sahur dan berbuka puasa agar labumg tetap terjaga.

health

asam-lambung,kesehatan,kesehatan-lambung,lambung,puasa

asam-lambung,kesehatan,kesehatan-lambung,lambung,puasa


Artikel yang berjudul “6 Tips Menjaga Kesehatan Lambung Saat Puasa” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment