5 Cara Agar Berat Badan Tidak Naik Saat Puasa, Dijamin Ampuh! - Ide Nasional

Breaking

Friday, May 10, 2019

5 Cara Agar Berat Badan Tidak Naik Saat Puasa, Dijamin Ampuh!

Puasa di bulan Ramadhan menjadi ajang yang sangat baik untuk melakukan diet. Tak hanya sekedar mendapatkan pahala, tapi juga bisa menurunkan berat badan. Namun sayangnya justru di bulan puasa banyak orang yang mengalami kenaikan berat badan. Untuk menghindari hal ini, berikut ini adalah beberapa cara agar berat badan tidak naik saat puasa:

1. Kurangi gorengan 

Gorengan atau makanan berminyak merupakan musuh utama dari tubuh ideal. Jika kamu menginginkan tubuh yang ideal, maka sebaiknya kurangi berbuka puasa dengan gorengan atau makanan berminyak. Kandungan minyak di dalamnya bukan hanya membuat badan jadi gemuk tapi juga tidak sehat untuk jantung.

Tak hanya kurangi gorengan, kurangi pula makan makanan manis yang banyak bertebaran saat Ramadhan tiba. Untuk berbuka, makanlah makanan manis secukupnya saja. Jangan sampai tubuh memiliki kandungan gula yang tinggi yang bisa menyebabkan obesitas.

2. Konsumsi banyak serat

Daripada kamu berbuka dengan gorengan, sebaiknya perbanyak konsumsi buah dan sayur di bulan Ramadhan. Memakan buah dan sayur akan membantu melancarkan pencernaan dan memperbaiki sistem imunitas tubuh. Namun pastikan buah yang dikonsumsi tidak dicampur dengan gula seperti dalam sop buah atau olahan buah lainnya karena justru akan membuat tubuh mudah gemuk.

3. Jaga asupan air putih

Ketika berbuka dan sahur, usahakan untuk mengkonsumsi air putih secukupnya. Sering kali kita lapar mata sehingga memakan semua jenis makanan, namun dengan mengkonsumsi air putih terutama yang hangat, akan membantu tubuh membersihkan berbagai macam zat racun di dalam tubuh sehingga tubuh tetap fit dan terhindar dari kegemukan.

4. Jaga jumlah makanan

Jangan kalap saat berbuka, makanlah secukupnya. Pastikan bahwa yang kamu makan adalah makanan yang sehat dan tidak mendukung kegemukan agar berat badan tetap terkontrol. Begitu pula ketika sahur. Makan banyak ketika sahur bukan berarti akan lebih tahan berpuasa. Hal ini justru mengakibatkan tubuh menjadi mudah lelah karena harus mengolah makanan lebih banyak.

5. Tetap bergerak

Meskipun sedang berpuasa, bukan berarti harus bermalas-malasan. Tetap bergerak dan lakukan aktivitas seperti biasa. Dengan bergerak, maka lemak di tubuh akan hilang. Melakukan aktivitas ringan juga akan membantu meningkatkan kesehatan organ tubuh, seperti jantung, ginjal, paru-paru, dan lainnya.

Itulah 5 cara agar berat badan tidak naik saat puasa. Namun hal yang terpenting adalah niat yang kuat. Kuatkan niat bahwa puasa dan menjaga berat badan adalah ibadah sehingga pola makan akan lebih terkontrol.

diet-fitness

agama,islam

agama,islam


Artikel yang berjudul “5 Cara Agar Berat Badan Tidak Naik Saat Puasa, Dijamin Ampuh!” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment