10 Minuman Buka Puasa Khas Yogyakarta yang Bikin Ngiler - Ide Nasional

Breaking

Friday, May 10, 2019

10 Minuman Buka Puasa Khas Yogyakarta yang Bikin Ngiler

Yogyakarta merupakan kota yang memiliki banyak koleksi kuliner. Bagi kamu yang sedang berpuasa, berbuka di Yogyakarta menjadi momen yang sangat menyenangkan. Yogyakarta memiliki minuman khas yang sangat cocok dihidangkan saat berbuka. Berikut ini adalah 10 minuman buka puasa khas Yogyakarta yang bisa kamu coba:

1. Es jaipong

Es jaipong adalah es yang dibuat dari campuran bubur sumsum, kolang kaling, dan mutiara yang disiram dengan gula merah. Es jaipong sangat nikmat dinikmati saat buka puasa bersama keluarga.

2. Es cepot

Es cepot adalah es kekinian di Yogyakarta yang banyak diincar saat waktu berbuka tiba. Es cepot berisi alpukat, jelly, kelapa muda, cincau dengan sirup dengan rasa cokelat, durian, frambozen. Es cepot dapat ditemukan di Jalan Demangan, dimana para mahasiswa banyak berkumpul.

3. Es dawet

Minuman khas Yogyakarta lainnya yang cocok untuk buka puasa adalah es dawet. Es dawet dibuat dari dawet hijau yang dicampur dengan gula merah dan santan yang membuat siapa saja pasti ketagihan.

4. Es degan tape

Minuman yang satu ini pasti akan membuat siapa saja ingin cepat berbuka puasa. Dengan warna yang menarik, es degan tape menjadi favorit banyak orang ketika berbuka. Terbuat dari kelapa muda, tape, susu, dan sirup, es degan tape ini harganya juga sangat terjangkau.

5. Es buah PK

Es yang melegenda ini masih sangat digemari oleh para pecinta kuliner, terutama saat bulan puasa tiba. Antrian yang panjang menjelang buka puasa menunjukkan kenikmatan es buah PK yang sangat terkenal. Es serut yang dicampur dengan nangka, susu, cincau, sawo, kelapa muda, alpukat ini menjadi incaran banyak orang baik di bulan puasa maupun hari biasa.

6. Es campur

Es campur bisa kita temukan di seluruh wilayah Indonesia, begitu pula di Yogyakarta. Es campur juga menjadi es yang sangat digemari saat berbuka tiba.

7. Es semlo

Minuman khas Keraton Yogyakarta ini merupakan minuman kesukaan Sultan Hamengkubuwono IX. Minuman yang dibuat dari berbagai macam campuran rempah ini disajikan dalam keadaan dingin namun mampu menghangatkan badan.

8. Rujak es krim

Rujak es krim adalah minuman khas Yogyakarta yang sudah lama dikenal. Rujak es krim dibuat dari rujak yang diberi tambahan es krim di atasnya. Perpaduan rasa yang unik ini yang membuat minuman ini begitu disukai.

9. Cheese tea

Minuman yang satu ini memang merupakan minuman kekinian di Jogja yang banyak diincar di bulan Ramadhan. Cheese tea adalah minuman yang dibuat dari teh yang diblend lalu ditambahkan cheese cream di atasnya.

10. Es doger

Es dengan warna pink yang menarik mata ini memang memiliki rasa yang nikmat pula. Es doger memiliki rasa manis yang khas dengan aroma cocopandan yang menggugah selera.

Itulah 10 minuman khas Yogyakarta yang cocok disajikan saat berbuka puasa. Meskipun terlihat sangat nikmat, tapi jangan lupa untuk tetap membatasi minuman yang manis karena tidak baik untuk tubuh.

kuliner

buka-puasa,es-campur,es-cepot,es-doger,es-jaipong,makanan,makanan-jogjakarta,menu-buka-puasa,minuman-buka-puasa,minuman-yogyakarta

buka-puasa,es-campur,es-cepot,es-doger,es-jaipong,makanan,makanan-jogjakarta,menu-buka-puasa,minuman-buka-puasa,minuman-yogyakarta


Artikel yang berjudul “10 Minuman Buka Puasa Khas Yogyakarta yang Bikin Ngiler” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment