10 Makanan Khas Buka Puasa Di Aceh yang Selalu Dinanti - Ide Nasional

Breaking

Wednesday, May 8, 2019

10 Makanan Khas Buka Puasa Di Aceh yang Selalu Dinanti

Bulan Ramadhan di Aceh merupakan bulan yang ramai dengan aneka macam panganan. Menu buka puasa di negeri Serambi Mekah ini memang selalu menggoda selera. Berikut ini adalah beberapa makanan khas Aceh yang semakin populer saat Ramadhan tiba:

1. Lepat Gayo

Lepat Gayo adalah menu buka puasa atau takjil yang selalu jadi incaran masyarakat disana. Lepat Gayo dibuat dari tepung beras ketan dengan isian gula merah di dalamnya. Lepat Gayo dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang.

2. Lemang

Makanan yang satu ini biasanya memang hanya muncul saat Ramadhan saja. Lemang dibuat dari beras ketan yang dimasukkan dengan santan lalu dimasukkan ke dalam buluh bambu dan dibakar hingga matang. Lemang memiliki rasa gurih yang khas dan biasanya disajikan dengan tapai.

3. Meuseukat

Meuseukat adalah kue tradisional khas Aceh yang dibuat saat Ramadhan tiba. Kue ini dibuat dari tepung terigu dengan isian nanas didalamnya.

4. Ie Bu Pedah

Ie bu pedah adalah bubur khas Aceh yang memiliki rasa pedas. Meskipun pedas namun selalu menjadi sajian buka puasa yang banyak disajikan di masjid. Ie bu pedah dibuat dari campuran kunyit, lada, cengkeh, santan dan rempah lainnya sehingga memiliki rasa pedas.

5. Kanji Rumbi

Sekolah kanji rumbi mirip dengan bubur ayam biasa. Kanji Rumbi dibuat dari beras, lada, cengkeh, serai, kemangi, dan pala dengan tambahan suwiran daging ayam diatasnya.

6. Urap Pegagan

Urap pegagan memang hanya bisa dijumpai saat bulan Ramadhan saja. Urap pegagan dibuat layaknya urap biasa, hanya saja dibuat dengan menggunakan daun pegagan.

7. Anyang

Sama seperti urap pegagan, anyang juga merupakan menu buka puasa yang mirip dengan urap. Perbedaannya hanya dari jenis sayur yang digunakan adalah sayuran segar yang biasanya tidak direbus. Anyang terdiri dari tauge dan rotan muda yang dicampur dengan bumbu khusus.

8. Mie Caluk

Mie caluk sering disebut juga spageti khas Aceh. Mie caluk memang memiliki ukuran mie yang lebih besar dibandingkan dengan mie lainnya. Mie caluk biasanya disajikan dengan siraman kuah kacang diatasnya.

9. Rujak Aceh

Rujak Aceh adalah makanan yang laris manis sebagai menu buka puasa. Rujak Aceh biasanya dibuat dari kweni dengan rasa pedas yang khas. Rujak Aceh terkadang juga dicampur dengan timun agar lebih segar.

10. Kue Bhoi

Kue bhoi adalah kue khas Aceh yang memiliki bentuk ikan. Kue yang manis ini juga merupakan salah satu ikon kuliner Aceh. Kue bhoi bisa ditemukan di Banyan penjaja kue tradisional saat bulan puasa tiba.

Itulah 10 makanan khas Aceh yang bisa ditemukan saat Ramadhan tiba. Aneka macam kuliner memang selalu menjadi daya tarik tersendiri ketika Ramadhan tiba, terutama di Aceh.

daerah,kuliner

kuliner-daerah-aceh,makanan-khas-aceh,menu-berbuka-di-aceh,wisata-kuliner-aceh

kuliner-daerah-aceh,makanan-khas-aceh,menu-berbuka-di-aceh,wisata-kuliner-aceh


Artikel yang berjudul “10 Makanan Khas Buka Puasa Di Aceh yang Selalu Dinanti” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment