Ketua Komisi II DPR Sepakat Ibu Kota Pindah dari Jakarta - Ide Nasional

Breaking

Monday, April 29, 2019

Ketua Komisi II DPR Sepakat Ibu Kota Pindah dari Jakarta

Ide Nasional, Jakarta – Ketua Komisi II DPR Zainudin Amali sepakat dengan rencana Presiden Jokowi memindahkan ibu kota dari Jakarta ke luar Pulau Jawa. Alasannya, Jakarta sudah semakin ramai penduduk. 

“Jadi saya mendukung itu karena memang kondisi Jakarta sebagai kota pemerintahan sekaligus sebagai pusat bisnis itu sudah sangat crowded,” kata Amali, Selasa (30/4/2019). 

Menurut dia, saat ini Jakarta juga sudah tidak memadai untuk menopang penambahan penduduk. Sehingga, perlu dipisahkan antara kota pemerintahan dan pusat bisnis. 

“Karena memang kondisi Jakarta sebagai ibu kota negara, sebagai pusat bisnis itu sekarang ini sudah tidak memadai, tingkat kemacetan, kebutuhan akan hunian dan sebagainya. Kita belajar dari negara-negara lain yang akhirnya memisahkan antara pusat pemerintahan dan pusat bisnisnya,” ungkap dia. 

Politikus Partai Golkar ini menyadari pemindahan ibu kota tidak bisa dilakukan secara instan. Pemindahan Ibukota ini perlu perencanaan yang matang, meliputi lokasi pemindahan, daya dukung lokasi, serta pembangunan infrastruktur untuk menopang Ibukota yang baru. 

“Apa saja yang masih harus disediakan. Kemudian perencanaan secara jangka panjang. Jadi jangan kita hanya sekadar memindahkan, tapi perencanaan tata ruang dan sebagainya tak kita persiapkan untuk puluhan tahun ke depan, jadi saya kira perencanaan-perencanaan itu dan itu ada di Bappenas,” ucapnya. 


Artikel yang berjudul “Ketua Komisi II DPR Sepakat Ibu Kota Pindah dari Jakarta” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment