Kembalikan Fungsi Rumah Tangga Sebagai Lembaga Pendidikan Utama - Ide Nasional

Breaking

Friday, April 12, 2019

Kembalikan Fungsi Rumah Tangga Sebagai Lembaga Pendidikan Utama

Pesatnya laju arus perkembangan teknologi dan sikap hidup yang semakin hedonis membuat kebanyakan orang tua lupa pada tugas utamanya sebagai ‘guru utama’ bagi anak-anak mereka. Keasyikan dalam mengejar karir dan mencapai keinginan-keinginan mereka, telah membuatnya ‘lalai’ sebagai teladan pertama bagi anak-anak mereka.

Berbagai kejadian pilu, memalukan, dan mengiris hati, akhir-akhir ini semakin tak terbendung. Bahkan, dengan kemahiran media massa terlebih lagi media sosial dalam ‘membungkus’ setiap kejadian menjadi bukti miris, hilangnya peran rumah tangga sebagai lembaga pendidikan pertama dan utama.

Rendahnya semangat belajar siswa, remaja yang terjerat narkoba dan berbagai bentuk kenakalan remaja yang semakin tak terkendali, kesemuanya hanyalah segelintir kecil dari gambaran miris kondisi generasi penerus bangsa hari ini. Ini sangat ironi dan memprihatinkan dan menjadi ‘PR’ bersama bagi pemerintah dan masyarakat.

Mengembalikan remaja atau generasi penerus bangsa ke jalan yang benar adalah tanggung jawab bersama dan semestinya harus di mulai melalui ranah keluarga. Ini sangat urgen dan mendesak, karena bagaimana pun juga, lingkungan keluarga merupakan tempat anak menghabiskan waktunya lebih lama ketimbang lingkungan di luar rumah seperti sekolah dan tempat-tempat umum lain.

Untuk itu, pembenahan perilaku dan sikap anak mesti di mulai dari rumah tangga melalui pro-aktif orang tua dalam memberikan bimbingan, arahan, pelajaran, dan pendampingan terhadap anak. Hadirnya orang tua di rumah, akan memberikan kontribusi besar dalam membentuk sikap anak.

Orang tua yang bekerja, semestinya juga harus bisa membagi waktu mereka antara kerjaan dan pendampingan terhadap anak. Sebab, kebutuhan anak yang mesti dipenuhi orang tua tidak serta merta hanya yang berkaitan dengan materi fisik saja, akan tetapi juga penting bagi orang tua untuk memenuhi kebutuhan psikis anaknya, terlebih lagi jika anak tersebut dalam masa remaja.

Sebab, masa remaja merupakan masa pubertas yang sangat rawan dan juga masa pencarian jati diri anak. Masa ini sangat penting untuk dijaga agar di masa depannya sang anak akan mampu menghadapi setiap persoalan yang muncul dengan bijak.

Mengembalikan fungsi rumah sebagai lembaga pendidikan pertama adalah salah satu langkah tepat untuk membenahi sikap generasi muda yang semakin memprihatinkan ini.

Dengan pendampingan orang tua, anak akan lebih bisa diarahkan dan dikembalikan pada tatanan berperilaku luhur. Orang tua harus pro-aktif dalam memberikan didikan kesantunan dan kesopanan kepada anak-anaknya, sehingga segala bentuk kenakalan remaja, dapat diatasi.

parenting

doriapril,keluarga,rumah-tangga

doriapril,keluarga,rumah-tangga


Artikel yang berjudul “Kembalikan Fungsi Rumah Tangga Sebagai Lembaga Pendidikan Utama” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment