Ini Dia 8 Tips Aman Memasak Menggunakan Kompor Gas - Ide Nasional

Breaking

Tuesday, April 30, 2019

Ini Dia 8 Tips Aman Memasak Menggunakan Kompor Gas

kompor gas dan tabung

Kemunculan kompor gas saat ini tentunya dapat membantu dan memudahkan untuk melakukan segala macam kegiatan dalam memasak. Bukan hanya penggunaannya yang mudah dan praktis, tetapi juga memasak lebih cepat matang jika dibandingkan dengan kompor minyak.

Akan tetapi, dibalik kenyamanan dan kepraktisannya dalam memasak, ternyata menggunakan kompor gas secara tidak benar bisa menyebabkan bahaya. Bahaya tersebut seperti ledakan tabung gas dan kompor yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa. Untuk menghindari hal tersebut ada beberapa hal yang patut untuk anda perhatian saat memasak dengan menggunakan kompor gas secara aman.

Perhatikan Selang Dan Regulator

Sebelum anda mulai untuk memasak, terlebih dahulu teliti selang dan regulator terpasang dengan baik pada tabung gas. Jika terdengar suara mendesis dan bau gas itu berarti selang tidak terpasang baik pada tabung gas. Perhatikan saat pemasangan selang gas, jika terdengar suara klik dan tidak goyang serta tidak berdesis dan bau, hal itu berarti selang dan regulator terpasang dengan baik.

Yang harus diperhatikan juga adalah pada bagian selang, pastikan selang tidak tertekuk supaya gas yang mengalir tidak terhambat yang bisa berpengaruh pada nyala api. Akibat dari selang yang tertekuk bisa mengakibatkan selang mudah rusak dan rapuh hingga bisa menyebabkan kebocoran gas.

Posisi Kompor Dan Tabung Gas

Pastikan untuk meletakkan tabung gas pada tempat yang datar. Jangan letakkan gas di atas permukaan yang tidak datar atau diletakkan pada tumpukan barang. Hal tersebut bisa menyebabkan selang dan regulator menjadi kendur atau longgar, dan hal tersebut dapat mengakibatkan gas keluar.

Sangat dianjurkan untuk menggunakan selang berstandard nasional, begitu pula dengan regulator dan tabung gas. Yang harus anda perhatikan, saat memesan regulator pilihlah yang bertekanan rendah khusus untuk kegiatan rumah tangga sehari-hari. Yang perlu anda ketahui adalah regulator terdiri dari 2 pilihan yang bertekanan rendah dan bertekanan tinggi. Jika anda memilih regulator yang bertekanan tinggi dibanding dengan tabung gas, hal tersebut akan berakit tabung gas bisa meledak.

Periksa Selang Dengan Rutin

Jika anda menggunakan selang dalam jangka waktu yang sudah sangat lama atau anda baru membelinya, ada baiknya periksa terlebih dahulu apakah selang tersebut bocor atau tidak. Caranya adalah dengan menggosok beberapa bagian dengan menggunakan air sabun. Jika keluar gelembung pada selang itu berarti terdapat kebocoran pada selang.

Jarak antara kompor dan tabung jangan terlalu jauh. Jika terlalu jauh, selang akan menjadi kaku dan mengakibatkan regulator menjadi sedikit longgar. Letakkan tabung gas disebelah kompor berjarak setengah meter dengan susunan kompor yang sejajar atau tidak terlalu tinggi dari tabung gas.

Hindari Dari Bahan Yang Mudah Terbakar

Posisi tabung gas dan kompor yang terlalu dekat dengan bahan-bahan yang mudah terbakar beresiko gas mudah meledak. Telah diterangkan diatas, posisi tabung dan kompor jangan terlalu dekat, beri jarak setengah meter antara selang dan kompor. Serta jangan taruh barang atau bahan-bahan disekitar kompor dan tabung. Upayakan disekitar tabung dan kompor bebas dari barang dan bahan yang mudah terbakar.

Jika anda membangun rumah terutama untuk ruangan dapur, sebaiknya utamakan sirkulasi udara terhubung secara baik antara dalam ruangan dan luar ruangan seperti jendela. Hal tersebut bisa memberikan keselamatan bagi anda bila tabung gas bocor secara langsung bisa terbuang keluar.

Jika anda berencana pergi untuk beberapa hari, sebaiknya regulator dilepas pada tabung gas. Hal ini bisa menghindari dari kebocoran gas yang bisa menyebabkan ledakan.

Nah, buat anda yang memiliki hobi memasak, jangan lupa untuk menerapkan tips diatas ya. Mudah-mudahan tips yang diberikan bermanfaat dan berguna untuk anda.

tips-trik

aman-memasak,kompor,kompor-gas,tips,tips-memasak-aman

aman-memasak,kompor,kompor-gas,tips,tips-memasak-aman


Artikel yang berjudul “Ini Dia 8 Tips Aman Memasak Menggunakan Kompor Gas” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment