Hary Tanoesoedibjo: Perindo Memberdayakan Rakyat Kecil Jadi Mapan - Ide Nasional

Breaking

Friday, April 12, 2019

Hary Tanoesoedibjo: Perindo Memberdayakan Rakyat Kecil Jadi Mapan

Sebagai contoh, program 100 ribu Gerobak Perindo se-Indonesia, di mana UMKM binaan Perindo ini memberikan modal gerobak untuk berusaha. Selain itu, mereka dibimbing, dilatih, mulai dari membuat produk, pemasaran, menjaga kualitas, pelayanan hingga ke pembukuan. Masyarakat dibina Perindo hingga mereka maju dan berkembang.

“Pendapatan mereka berhasil meningkat, ada yang penghasilannya Rp 5 juta, 6 juta, Rp 9 juta, Rp 15 juta. Banyak, saya sudah keliling Indonesia saya sudah cek satu per satu,” tegasnya.

Usaha yang maju pun terus didorong untuk jadi semakin maju. Seperti di Jakarta Selatan misalnya, pedagang yang penjualannya sudah mencapai Rp 45 juta per bulan dengan keuntungan bersih sekitar Rp 15 juta per bulan diberikan gerobak lagi agar termotivasi untuk mengembangkan usahanya lebih besar lagi.

Dengan tambahan cabang yang baru, penghasilanya bisa meningkat dua kali lipat. Tidak itu saja, mereka pun bisa membuka lapangan kerja baru untuk orang lain yang membantu mereka berjualan.

Artinya, akan banyak para pencipta lapangan kerja baru yang menyerap tenaga kerja. Seperti di Pasuruan, UMKM binaan Partai Perindo yang usaha kecil-kecilan kopi bubuk yang tadinya hanya berusaha sendiri, kini telah memiliki enam orang karyawan.

Begitu pula petani, yang tadinya menggarap sawah secara tradisional lantas dibangun Perindo menjadi petani modern. Petani diberikan peralatan, seperti traktor, perontok padi, sehingga proses pengerjaan menjadi lebih cepat, lebih efesien.

 


Artikel yang berjudul “Hary Tanoesoedibjo: Perindo Memberdayakan Rakyat Kecil Jadi Mapan” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment