Eks Ketua DPRD Kepulauan Sula, Zainal Mus Divonis 4 Tahun Penjara - Ide Nasional

Breaking

Monday, April 8, 2019

Eks Ketua DPRD Kepulauan Sula, Zainal Mus Divonis 4 Tahun Penjara

Ide Nasional, Jakarta – Mantan Ketua DPRD Kepulauan Sula, Zainal Mus divonis 4 tahun penjara. Majelis hakim menilai Zainal Mus terbukti bersalah dalam kasus korupsi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kepulauan Sula tahun 2009 terkait pengadaan lahan Bandara Bobong.

Hukuman ini lebih ringan setengahnya dari tuntutan JPU Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yaitu 8 tahun penjara.

“Mengadili, menyatakan terdakwa Zainal Mus terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama sebagai perbuatan berlanjut sebagaimana dalam dakwaan,” kata ketua majelis hakim dalam sidang di Pengadilan Tipikor pada PN Jakarta Pusat, Senin (8/4/2019) petang.

“Menjatuhkan pidana oleh karenanya terhadap terdakwa Zainal Mus dengan pidana penjara selama 4 tahun,” lanjut hakim.

Selain itu, Zainal Mus diwajibkan membayar denda sebesar Rp 500 juta dengan ketentuan apabila tidak dibayar maka diganti dengan pidana kurungan selama 3 bulan. Zainal juga dihukum harus menyetor uang pengganti sebesar Rp 944 juta.

Majelis hakim juga memerintahkan JPU KPK untuk mengembalikan kelebihan pembayaran uang pengganti kerugian negara sejumlah Rp 650 juta kepada Zainal Mus.

 


Artikel yang berjudul “Eks Ketua DPRD Kepulauan Sula, Zainal Mus Divonis 4 Tahun Penjara” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment