Begini kata Mendagri, Soal Hoax Setting-an Server KPU - Ide Nasional

Breaking

Wednesday, April 10, 2019

Begini kata Mendagri, Soal Hoax Setting-an Server KPU

Jakarta – Kabar mengenai adanya sever milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah diatur untuk memenangkan pasangan calon tertentu pada Pemilu 2019, terus beredar. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo akhirnya merespons kabar yang beredar di media sosial, melalui sebuah video hoax tersebut. Mendagri menilai, posisi KPU tak boleh dilemahkan dengan cara apapun. Ia mengaku mendukungan KPU yang telah berani mengambil langkah cepat untuk segera melaporkan video tersebut kepada pihak yang berwajib.

“Saya kira itu berita yang tidak masuk akal ya. Kami mendukung penuh langkah KPU yang cepat dalam tempo sesingkat-singkatnya kalau ada berita hoax, fitnah sekecil apapun dilaporkan ke aparat penegak hukam sehingga tidak menimbulkan kebingungan di masyarakat,” ujar Mendagri ditemui di Jakarta belum lama ini.

Mendagri menyebut, pihaknya yakin, dengan pengawasan yang sedemikian ketat dan diatur oleh Undang-Undang tidak akan ada celah kecurangan atau memenangkan dan menguntungkan pihak manapun .

Ia bahkan mengatakan, permainan fitnah dan hoax sudah tidak pada zamannya. Pasalnya, semua penyelenggara Pemilu diatur oleh Undang-Unndang, diawasi semua pihak, oleh elemen masyarakat, partai politik dan Tim Sukses.

“Jadi kami yakin, penyelenggara Pemilu itu melaksanakan tugas sesuai aturan,” tukasnya.

Sementara itu, KPU RI melalui Komisioner KPU RI Hasyim Asy’ari telah memastikan bahwa informasi tersebut adalah tidak benar. Menurut dia, hasil akhir pemilu nantinya, akan tetap ditentukan melalui proses penghitungan suara dilakukan secara manual dan bertingkat.

Tak cuma satu kali, tapi juga hampir disemua tingkat, dari tempat pemungutan suara (TPS), panitia pemilih kecamatan (PPK), dilanjutkan ke Kabupaten/kota, ke KPU Provinsi hingga berakhir ke KPU RI. Untuk itu, ia menjamin, tidak akan ada permainan data, melalui server seperti yang dituduhkan.

“Hasil scan Form C1 plano yang selanjutnya diunggah di website KPU, dilakukan setelah penghitungan suara selesai di TPS,” jelasnya.

Ia juga membantah dengan tegas, mengenai keberadaan server KPU di luar negeri. Pasalnya, ia mengatakan semua server data milik KPU berada di dalam negeri.

“Jadi pada dasarnya hasil suara di TPS sudah diketahui dahulu oleh publik termasuk saksi, pengawas TPS, warga pemilih, pemantau, media dan pihak lainnya dan semua pihak diberi kesempatan untuk mendokumentasikan hasil penghitungan suara dalam Form C1-Plano,” pungkasnya.[]

news

hoax,kpu,mendagri,mendagri-tjahjo-kumolo

hoax,kpu,mendagri,mendagri-tjahjo-kumolo


Artikel yang berjudul “Begini kata Mendagri, Soal Hoax Setting-an Server KPU” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment