7 Tips Sehat Selama Haid Untuk Fisik dan Mental Anda - Ide Nasional

Breaking

Friday, April 26, 2019

7 Tips Sehat Selama Haid Untuk Fisik dan Mental Anda

Saat masa haid hormon dalam tubuh tidak seimbang, sehingga sangat berpengaruh sekali untuk kesehatan dari segi fisik dan mental. Dengan perubahan hormon tersebut wanita menjadi mudah tersinggung, marah, dan sangat sensitif. Untuk menjaga hal tersebut agar tetap seimbang, sehingga hal tersebut tidak terjadi pada anda.

Apa saja ya? penasaran?yukk..intip berikut ini tips sehat selama haid, semoga bisa membantu.

Jangan malas untuk berolahraga, karena berolahraga seperti jogging, berenang, atau jalan cepat memberikan keseimbangan hormon pada saat sedang menstruasi dan membuat haid anda berjalan dengan lancar. Berolahraga akan membantu tubuh lebih sehat dan mengurangi lemak dalam. Lemak menjadi faktor utama yang menyebabkan haid menjadi tidak lancar.

Makanan sehat tentunya menjadi faktor yang sangat penting saat anda sedang haid. Tapi, kebanyakan wanita tidak menyadari bahwa mengkonsumsi makanan atau buah yang memiliki nutrisi tinggi sangat bagus pada saat haid. Jenis makanan yang sangat cocok pada masa haid yaitu, makanan yang kaya akan asam lemak essensial, zinc, magnesium, kalsium, dan juga vitamin B, C, dan E.

Jenis makanan atau buah yang mengandung nutrisi di atas sangat bagus untuk menguatkan dinding pembuluh darah dan juga sebagai pembentuk darah merah yang hilang pada saat haid.

Mungkin anda hanya mengenal arti kata diet, dan ternyata diet memiliki banyak sekali pilihan. Untuk wanita yang sedang haid diet
mediterania sangat cocok sekali. Mengapa? diet mediterania ini hanya mengkonsumsi makanan nabati yang rendah lemak jenuh, karbohdirat olahan, dan juga rendah sodium. Contohnya saja seperti biji-bijian, kacang-kacangan, buah, dan sayuran.

Hindari gula dan karbohidrat

Gula, karbohidrat dan juga tepung putih sangat tidak sehat di konsumsi saat haid. Hal tersebut sangat mengganggu periode haid dan gejala PMS yang ditimbulkan. Mengapa Gula dan karbohidrat harus di hindari saat haid? Karena dengan menghindari gula dan makanan yang mengandung karbohidrat dapat mengurangi rasa kram perut kembung.

Kurangi asupan garam saat anda sedang memasak sesuatu. Mengapa? karena garam bisa mengakibatkan perut kembung. Jadi, di anjurkan bagi wanita yang sedang haid untuk mengurangi asupan garam dalam menu makanan.

Saat wanita sedang haid atau menstruasi, hal utama yang sangat mencolok karena hormon yang tidak seimbang yaitu sikap yang mudah sensitif dan juga mudah marah. Dengan mandi air hangat, pikiran anda rileks dan badan menjadi sehat dan segar kembali.

Saat sedang haid sebaiknya gunakan pakaian yang longgar dan nyaman di pakai.

Itulah, beberapa tips sehat selama haid yang bisa anda terapkan agar hormon anda tetap seimbang dan menstruasi anda berjalan dengan lancar. Semoga dapat membantu dan bermanfaat.

health

doriapril,haid,haid-sehat,kesehatan,tips,tips-haid,tips-haid-sehat

doriapril,haid,haid-sehat,kesehatan,tips,tips-haid,tips-haid-sehat


Artikel yang berjudul “7 Tips Sehat Selama Haid Untuk Fisik dan Mental Anda” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment