7 Cara Meningkatkan Minat Baca Anak agar Rajin Membaca - Ide Nasional

Breaking

Wednesday, April 10, 2019

7 Cara Meningkatkan Minat Baca Anak agar Rajin Membaca

Tidak dapat dipungkiri bahwa membaca adalah kegiatan yang dapat menguras mood anak. Lebih lagi, kehadiran gadget dapat mengalihkan perhatiannya akan kebutuhan literasinya. Sebenarnya, hal tersebut dapat dikendalikan jika orang tua mendukung sepenuhnya kebutuhan akan literasi anak. Hal demikian akan sangat membantu anak dalam menguatkan minat bacanya sehingga menjadikan kegiatan membaca sebagai moment yang sangat ditunggu.

Mendukung Segala Keinginan Anak dalam Membaca

Pengenalan literasi memiliki tahapan usia. Usia pengenalan terhadap huruf dan mulai dapat merangkai huruf adalah ketika anak menginjak usia 5 tahun ke atas. Jika anak sudah mulai mengenal literasi, masukilah dunia anak tersebut dengan memberikan fasilitas penunjang literasi anak. Hal yang paling mendasar adalah memberikan media pendukung berupa bahan bacaan dan mendampingi proses literasi mereka.

Hubungkan Kegiatan Membaca dengan Hobi Anak

Sebenarnya hal ini adalah bagian termudah dalam meningkatkan minat baca anak karena setiap anak pasti memiliki hobi yang senang dilakukan. Jika anak lebih mencintai hobi yang berhubungan dengan alam, lakukanlah kegiatan membaca dengan mengajaknya mengunjungi taman atau membuat beragam kegiatan menarik yang melibatkan lingkungan di sekitarnya.

Jangan Lupa Untuk Menerapkan Story Telling atau Read Aloud

Beragam penelitian menunjukkan bahwa read aloud atau membacakan nyaring adalah sebuah metode sederhana yang mampu meningkatkan minat baca anak. Selain itu, banyak hal positif yang berkembang pada diri anak dikarenakan kegiatan ini diantaranya adalah memperbanyak dan mengembangkan kosakata anak, mempertajam indera pendengaran anak, dan melatih anak untuk berkonsentrasi hingga berpikir kritis.

Bangun Lingkungan Membaca

Jika anak menyenangi hal-hal yang berbau literasi, maka buatlah anak senyaman mungkin berada dalam keadaan tersebut. Anda dapat membangun lingkungan membaca di rumah bahkan memanfaatkan gadget untuk mendapatkan metode pembelajaran yang menarik seputar literasi. Namun, hal yang perlu diperhatikan dalam lingkup ini adalah pendampingan anak terhadap penggunaan gadget. Batasi penggunaan dengan memberikan pengertian pada anak bahwa gadget hanya sebatas media pembelajaran.

Mengajak Anak Untuk Mengunjungi Tempat-tempat Berbau Literasi

Meskipun Anda tergolong orang tua modern yang cenderung menyukai mall sebagai tujuan untuk meningkatkan mood, jangan lupakan bahwa anak akan selalu membutuhkan bantuan orang tuanya dalam hal apapun. Apalagi dalam hal pertumbuhan dan perkembangan literasi. Rencanakan agenda keluarga dengan mengajak anak mengunjungi tempat-tempat yang merupakan sumber literasi seperti perpustakaan, museum, dan lainnya.

Kegiatan literasi sangat membutuhkan bimbingan. Akan tetapi, adakalanya anak ingin mendapatkan ruang yang lebih luas untuk mengeksplorasi kemampuan literasi diri. Bukan berarti Anda sebagai orang tua harus lepas tangan, akan tetapi membiarkan anak untuk memilih bacaan apa yang ingin dimilikinya bahkan berimajinasi sendiri tentang rangkaian gambar yang terdapat pada buku bacaannya. Meskipun hal tersebut akan menemui kesalahan, Anda tidak berhak untuk mengoreksi secara langsung atau mematahkan semangat belajarnya. Pahamilah bahwa semuanya membutuhkan proses karena mempertahankan minat baca bukanlah hal yang instant.

Anak pasti memiliki batas fokus berdasarkan tahapan usianya. Oleh karenanya, Anda sebagai orang tua diharapkan untuk peka terhadap hal tersebut. Usahakan untuk tidak memaksa anak tetap berkutat pada bacaannya ketika sudah menunjukkan tanda-tanda “kelelahan”. Ajaklah anak untuk menemukan cara yang tepat dalam mengembalikan moodnya. Anda juga bisa mengajukan pertanyaan terkait kegiatan seperti apa yang Ia senangi ketika belajar literasi.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan minat baca anak. Yuk, para orang tua, mari dukung kegiatan literasi anak dengan selalu hadir untuk belajar bersamanya.

parenting

anak,baca,membaca,parenting

anak,baca,membaca,parenting


Artikel yang berjudul “7 Cara Meningkatkan Minat Baca Anak agar Rajin Membaca” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment