6 Ciri-ciri Pria Mandul dan Cara Mengatasinya - Ide Nasional

Breaking

Friday, April 12, 2019

6 Ciri-ciri Pria Mandul dan Cara Mengatasinya

Kemandulan merupakan salah satu faktor internal penyebab tertundanya seseorang dalam memiliki keturunan. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh gaya hidup, makanan, dan lainnya. Lalu bagaimana dengan penyebab kemandulan yang terjadi pada pria? Dapatkah ciri-cirinya diketahui secara pasti? Untuk mengetahui hal tersebut, mari simak ulasan berikut ini.

Sebelum dapat memastikan ciri-ciri pria mandul, hal yang dapat dilakukan pertama kali adalah mengenali penyebab kemandulan pada pria. Secara umum, kemandulan disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, genetika, masalah berat badan berlebih, faktor usia, sering mengonsumsi hal-hal yang dilarang untuk dikonsumsi seperti alkohol dan lainnya, stress, perokok kelas berat, pengaruh obat dan kemoterapi, gangguan pada alat vital, kriptokismus, menderita penyakit tiroid, sirosis hati, diabetes, hingga mengalami kecelakan dan terluka pada bagian alat vital.

Setelah mengenali penyebabnya, ciri-ciri pria mandul ditandai melalui indikator berikut ini:

Rambut yang Tumbuh Tidak Sesuai dengan Jumlah yang Semestinya. Pertumbuhan rambut pada tubuh dipicu oleh hormon. Ciri-ciri yang terlihat dari ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan kemandulan adalah pertumbuhan rambut yang tidak normal.Tingkat Keinginan Seksual yang Rendah. Lagi, pengaruh hormon membuat pria menjadi mandul. Ini terjadi karena produksi hormon testosteron yang terganggu. Hormon inilah yang menjadi pemicu keinginan seksual pada pria.Terganggunya Fungsi Seksual. Terganggunya fungsi seksual bisa terjadi dikarenakan beragam faktor seperti sedikitnya cairan mani yang keluar, sperma berbentuk abnormal, mani tidak memiliki kandungan sperma atau azoospermia, jumlah sperma tidak mencukupi untuk mencapai sel telur, dan aliran sperma yang tidak stabil atau retrograde ejaculation.Sindrom Kallman dan Sindrom Klinefelter. Terdapat dua kelainan atau sindrom yang dapat menjadi penyebab seorang pria mengalami kemandulan yaitu sindrom Kallman dan sindrom Klinefelter. Sindrom Kallman biasanya ditandai dengan tidak berfungsinya indera penciuman secara normal. Pemicu sindrom ini juga disebabkan oleh masalah genetik. Sedangkan sindrom Klinefelter merupakan sindrom atau kelainan yang membuat struktur testikel menjadi padat dan mengecil. Ini juga dipicu oleh hormon testosteron yang terganggu kinerjanya.Infeksi Pernapasan. Meskipun belum diketahui secara pasti tentang hubungan infeksi pernapasan dan kemandulan, namun secara jelas menyatakan bahwa pria yang sering mengalami infeksi pernapasan berulang adalah menjadi pertanda akan kemandulan.Ginekomastia. Ginekomastia merupakan penyakit yang berkaitan dengan pertumbuhan payudara yang tidak normal pada pria. Ini dipicu oleh pengaruh hormon estrogen yang berlebih pada pria. Ginekomastia akan menyebabkan payudara pria membesar layaknya wanita.

Hal-hal yang Dapat Dilakukan untuk Mengatasi Kemandulan

Sebenarnya masalah kemandulan pada pria dapat dipecahkan dengan cara berikut ini.

Konsultasi ke Dokter Ahli. Konsultasi ke dokter adalah pilihan utama untuk menjawab keraguan akan masalah kemandulan. Pastikan dokter yang Anda pilih adalah dokter terpercaya dalam menangani hal tersebut.Menerapkan dan Menjaga Pola hidup Sehat. Pola hidup yang serampangan akan mempengaruhi produksi hormon pada tubuh. Usahakan untuk mengonsumsi makanan sehat dan menghindari alkohol dan zat berbahaya lainnya.Program Diet. Mengingat obesitas dapat mengganggu sistem reproduksi pada pria, ada baiknya untuk tetap menjaga berat badan agar tetap ideal. Ini dilakukan agar kandungan zat dalam tubuh tidak mengganggu produksi hormon testosteron pada pria.Peduli Terhadap Jam Istirahat Tubuh. Pemicu terjadinya kemandulan pada pria adalah stress. Oleh karenanya, usahakan untuk menjaga pikiran agar tetap stabil dan pastikan bahwa Anda juga menjaga waktu istirahat Anda.

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai ciri-ciri pria mandul. Untuk mendapatkan info lebih lengkap seputar kesehatan reproduksi, Anda dapat mengonsultasikan hal tersebut kepada ahli kesehatan reproduksi.

dunia-pria

mandul,pria-mandul

mandul,pria-mandul


Artikel yang berjudul “6 Ciri-ciri Pria Mandul dan Cara Mengatasinya” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment