5 Tips Ampuh Supaya Hp Tidak Mudah Disadap - Ide Nasional

Breaking

Sunday, April 28, 2019

5 Tips Ampuh Supaya Hp Tidak Mudah Disadap

Handphone atau ponsel adalah salah satu alat yang sangat menjadi primadona di zaman modern ini, apalagi kini kegunaan handphone tidak hanya untuk menelpon, namun sudah sangat banyak hal yang bisa kamu lakukan menggunakan handphonemu.

Karena kegunaan yang banyak inilah, kejahatan pun sering muncul dari atau malah kepada handphone. Salah satu kejahatan yang berkaitan dengan handphone adalah penyadapan atau hacking. Penyadapan sendiri adalah suatu kegiatan mengambil alih sistem dalam sebuah handphone dengan tujuan merusak atau mensabotase.

Penyadapan jelas akan sangat merugikan sang pengguna handphone yang disadap. Karena kita tidak tahu orang seperti apa yang menyedap handphone kita, dan apa yang akan ia lakukan dengan ponsel kita saat berhasil menyadapnya. Sebagian besar penyadap atau hacker melakukan pekerjaannya dengan tujuan mendapatkan uang ataupun sekedar membalaskan dendam.

Untuk kalian yang masih khawatir dengan kegiatan penyadapan, kalian bisa simak artikel ini. Di bawah sudah dirangkum sekumpulan cara ampuh untuk membuat ponsel atau handphone kita tak mudah disadap atau dihack.

1Jangan Menginstall Aplikasi dari Pihak Ketiga

Sebaiknya kurang kurangi kegemaran anda mengunduh aplikasi dari pihak ketiga atau aplikasi yang sumbernya tidak jelas. Biasanya aplikasi yang tidak berlisensi ini tidak hanya membawa virus yang berbahaya untuk handphone anda, namun juga biasanya dalam aplikasi itu terdapat suatu sistem hacking yang bertujuan untuk memata matai kegiatan handphone anda termasuk transaksi keuangan dari m-banking. Oleh karena itu alangkah baiknya kita selalu selektif untuk memilih aplikasi yang akan anda unduh.

2Hentikan Kebiasaan Mengirim File Menggunakan Bluetooth

Berbagi file atau dokumen kepada teman memang terkadang mengasyikan karena kita bisa membagikan hal hal menarik di handphone kita untuk mereka. Namun apakah kalian tahu, Bluetooth juga bisa menjadi gerbang untuk seseorang mengakses handphonemu. Oleh karena itu mulai sekarang hentikan kebiasaan itu, dan apabila anda ingin berbagi, gunakanlah platform media sosial seperti Whatsapp atau LINE yang memiliki fitur berbagi file dan dokumen bahkan foto hingga video.

3Berilah Pin di Semua Aplikasi yang Penting

Memasang pin untuk semua aplikasi yang anda anggap penting juga bisa mengurangi kemungkinan penyadapan. Hal ini karena pin akan menjaga securitas handphone anda beserta isinya. Meskipun cara ini memang sedikit merepotkan, tapi tak ada salahnya juga untuk dicoba. Memasang pin juga membuat handphone anda terjaga privasinya, dari tangan tangan jahil orang dekat seperti teman, kerabat atau keluarga yang kerap iseng penasaran untuk mengecek handphone kita.

4Rajin Rajinlah Melakukan Proses Log-out

Meski terdengar simple, namun hal ini juga sangat beresiko bagi handphone kalian. Proses log-out yang lupa dilakukan akan menjadi sasaran tangan jahil, apalagi bila akun yang tidak dilog-out adalah akun akun yang tertaut dengan media sosial anda. Kemungkinan besar nantinya akun media sosial anda akan dihack, oleh karena itu penting sekali melakukan hal ini pada handphone anda.

5Abaikan Pesan SMS ataupun Telepon dari Orang Asing

Mulai sekarang anda juga harus bisa mengabaikan pesan atau panggilan masuk ke handphone anda dari orang asing. Hal ini selain mengganggu kegiatan kita namun juga karena itu bisa saja suatu siasat orang tidak bertanggung jawab untuk melakukan penyadapan kepada handphone anda. Tak hanya penyadapan, namun SMS dan panggilan telepon dari orang asing biasanya juga berisi suatu penipuan.

tips-trik

hp,hp-disadap,keamanan-hp,tekno

hp,hp-disadap,keamanan-hp,tekno


Artikel yang berjudul “5 Tips Ampuh Supaya Hp Tidak Mudah Disadap” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment