5 Jenis Cacing Yang Memiliki Khasiat Untuk Kesehatan - Ide Nasional

Breaking

Wednesday, April 10, 2019

5 Jenis Cacing Yang Memiliki Khasiat Untuk Kesehatan

Cacing merupakan jenis hewan lunak yang memiliki banyak jenis. Ada jenis cacing yang berbahaya bagi manusia, ada juga jenis cacing yang bermanfaat untuk kesehatan manusia. Jenis cacing yang berbahaya salah satu contoh cacing pita. Cacing pita ini adalah parasit, jika masuk ke dalam tubuh akan menimbulkan penyakit.

Namun 5 jenis cacing berikut ini memiliki manfaat untuk kesehatan manusia sehingga bisa dipeajari dan dimanfaatkan untuk konsumsi, selain mengandalkan obat.

Cacing tanah

Cacing tanah sudah lama dijadikan obat tradisional oleh masyarakat Indonesia. Ekstrak cacing tanah mampu menghambat pertumbuhan bakteri patogen yang menyebabkan penyakit tifus dan diare. Enzim dalam cacing tanah mampu memperbaiki proses fisiologis tubuh sehingga gangguan penyakit pada sirkulasi darah menjadi berkurang.

Penyumbatan pembuluh darah oleh lemak tertentu dapat diatasi. Bahkan enzim tersebut dapat membantu pencernaan makanan sehingga metabolisme tubuh dapat berjalan dengan lancar. Enzim yang terdapat pada cacing tanah ini yaitu peroksidase, katalase dan selulose.

Cacing sonari

Cacing sonari memiliki ukurun yang lebih besar dari cacing biasa. Panjang cacing bisa mencapai 1,5 meter. Sehingga cacing ini dijuluki dengan cacing raksasa. Sebutan lain untuk cacing ini yaitu cacing kalung, warna cacing keabu-abuan. Cacing ini mengandung beberapa senyawa aktif yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Pada cacing terdapat enzim lysozyme yang dapat mengobati penyakit tifus. Kemudian cacing sonari juga mengandung antipiretik yang dapat mengobati demam, antipirin obat pereda sakit kepala dan antidot obat penawar racun.

Cacing palolo

Cacing palolo merupakan filum annelida spesies eunice viridis. Ukuran cacing dewasa sekitar 40cm, dan memiliki kaki semu pada setiap segmen yang membagi tubuhnya. Cacing ini banyak ditemukan dilaut dalam yang memiliki bebatuan karang. Cacing ini memiliki sumber protein yang sangat tinggi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Dengan kandungan protein yang tinggi ini, Sehingga masyarakat di pasifik bagian selatan banyak mengkonsumsi untuk dijadikan bahan makanan.

Cacing palawan

Cacing ini berasal dari filipina, ciri-ciri cacingnya bewarna putih dengan ukuran lumayan panjang. Orang filipina menjadikan jenis cacing ini sebagai santapan kuliner, mereka menyantap dengan mentah-mentah. Meskipun terkesan ekstrim dan menjijikkan ternyata pada cacing ini terdapat kandungan zat besi, kalsium, zinc, vitamin A dan vitamin B12 yang mana kandungan ini sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Cacing wawo

Cacing wawo kaya akan nutrisi. Pada tubuh cacing ini terdapat kandungan protein karbohidrat,fosfor, kalsium, magnesium, natrium, kalium, klorida, dan zat besi. Selain memiliki nilai gizi yang tinggi cacing wawo juga berfungsi sebagai antibiotik, sehingga sangat bagus untuk menjaga kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Demikianlah 5 Jenis Cacing Untuk Kesehatan, meskipun terkesan ekstrim dan menjijikkan ternyata pada lima jenis cacing ini terdapat kandungan gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, selain itu pada cacing ini juga terdapat antibiotik yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kekebalan tubuh terhadap penyakit.

health

cacing,cacing-palawan,cacing-palolo,cacing-sonari,cacing-tanah,cacing-wawo

cacing,cacing-palawan,cacing-palolo,cacing-sonari,cacing-tanah,cacing-wawo


Artikel yang berjudul “5 Jenis Cacing Yang Memiliki Khasiat Untuk Kesehatan” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment