Wow, Inilah 7 Tips Makan Hemat Ala Anak Kost yang Super! - Ide Nasional

Breaking

Wednesday, February 20, 2019

Wow, Inilah 7 Tips Makan Hemat Ala Anak Kost yang Super!

Jadi anak kost memang harus pandai dalam mengatur keuangan, apalagi soal uang makan. Jika tidak pandai dalam mengaturnya, bisa-bisa jatah makan di akhir bulan jadi terancam. Nah, berikut ini adalah 7 tips makan hemat ala anak kost yang bisa menyelamatkan kamu:

1. Masak nasi sendiri

Inilah hal sepele yang sebenarnya sangat fatal. Kebanyakan anak kost memilih makan di luar dengan alasan lebih hemat dan praktis, padahal cara seperti ini justru lebih boros. Ada baiknya jika anak kost memasak nasi sendiri. 

Meskipun sedikit repot, tapi yakinlah bahwa memasak nasi sendiri akan menghemat kantong lebih banyak. Kamu juga tidak perlu khawatir lagi jika kelaparn di tengah malam karena sudah ada stok nasi sendiri.

2. Siapkan stok mie instan dan abon

Jika baru saja mendapatkan kiriman uang, maka jangan lupa untuk segera membeli stok mie instan dan abon. Mie instan dan abon sangat membantu ketika akhir bulan dimana kantong mulai jebol. Kamu bisa makan nasi hangat dengan taburan abon atau mie instan tanpa harus belanja makanan lagi.

3. Jangan makan di kafe atau restoran

Kalau mau hemat, jangan makan di kafe atau restoran. Jika datang sesekali sih boleh saja, tapi ingat jangan setiap hari apalagi jika keuangan sudah semakin menipis. Tahan pula keinginan untuk hang out ke tempat mahal seperti ini karena hanya akan membuat kamu menyesal di kemudian hari. Kamu tetap bisa berkumpul dengan teman di kost-an jika hanya ingin mengobrol atau mengerjakan tugas.

4. Beli lauk di warteg

Jika kamu malas untuk masak sendiri atau bahkan tidak sempat, kamu bisa membeli lauk di warteg. Dengan membeli lauknya saja, maka kamu bisa menghemat beberapa ribu rupiah sekali transaksi. Kamu bisa menikmati lauk murah tersebut dengan nasi hangat yang kamu masak sendiri.

5. Jaga hubungan baik dengan pemilik kost

Jangan lupa pula jaga hubungan baik dengan pemilik kost. Bukan hanya karena kamu menumpang di kost-annya saja, tapi juga bisaj adi penyelamat kamu di tanggal tua. Kamu bisa membantu beberapa pekerjaan rumah seperti menyapu atau mengepel. Dengan menarik hati si pemilik kost, mana tahu kamu diberi lauk secara percuma saat kamu sedang tidak punya uang.

6. Kumpulkan recehan

Jangan pernah remeh dengan recehan. Kumpulkan setiap recehan yang kamu dapatkan dari berbagai transaksi. Uang receh yang kamu kumpulkan akan sangat berguna di saat kamu membutuhkan uang di akhir bulan.

7. Masak nasi dan telur bersamaan

Selain masak nasi sendiri, kamu juga bisa menghemat waktu dengan memasak nasi dan telur secara bersamaan. Caranya adalah dengan memasak telur dan nasi dengan rice cooker.

Untuk membuat telur rebus, cukup cemplungkan telur ke dalam rice cooker yang juga sedang memasak nasi. Jika ingin telur dadar, cukup kosok telur dalam wadah anti panas, lalu masukkan ke dalam rice cooker sambil masak nasi.

Itulah 7 tips makan hemat ala anak kost yang bisa kamu coba. Meskipun hemat, tapi tips di atas tidak akan bikin perut sakit jadi sangat aman untuk dicoba.

keuangan

anak-kost,keuangan

anak-kost,keuangan


Artikel yang berjudul “Wow, Inilah 7 Tips Makan Hemat Ala Anak Kost yang Super!” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment