Nasdem: Kehadiran Diaspora di Tanah Air Masih Dianggap Sebagai Ancaman - Ide Nasional

Breaking

Wednesday, February 20, 2019

Nasdem: Kehadiran Diaspora di Tanah Air Masih Dianggap Sebagai Ancaman

Ide Nasional, Jakarta – Politikus Partai Nasdem Shanti Ramchand meminta pemerintah mendorong para diaspora atau warga Indonesia yang bekerja atau menetap di luar negeri untuk kembali ke Tanah Air. Shanti menilai, potensi mereka diyakini mampu memberikan sumbangsih bagi negara.

“Pemerintah perlu memberikan ruang dan tempat sesuai dengan kompetensi yang dimiliki masing-masing diaspora, tarik mereka untukberkontribusi dalam pembangunan bangsa,” ucap Shanti di Jakarta, Rabu (20/2/2019). 

Menurut dia, kepastian posisi, dapat dijadikan sebuah motivasi untuk kembali ke Indonesia. Sehingga ilmu-ilmu yang dimiliki mereka dapat diimplementasikan di Indonesia.

“Perlu dibuat sistem agar yang dari luar negeri ini mau pulang dan mendapatkan posisi tertentu. Kalau diberikan posisi tertentu, justru ada dedikasi dan motivasi yang lebih besar untuk mau kembali,” ujar Caleg Nasdem dari Dapil DKI Jakarta II itu.

Namun pada kenyataannya, menurut Shanti, masih ada pihak yang justru merasa terancam akan adanya para diaspora. Hal itu yang menjadikan keengganan para diaspora untuk berkarya di negerinya sendiri.

“Orang-orang pintar ini dianggap sebagai ancaman. Akhirnya mereka frustasi dan kembali lagi keluar negeri. Supaya orang-orang tertentu yang merajalela disini. Ada beberapa oknum yang seperti itu,” tutur dia.

Oleh karena itu Shanti berharap agar pemerintah dapat benar-benar memanfaatkan aset-aset bangsa untuk meningkatkan daya saing dikancah dunia.

“Berikan tempat bagi mereka sesuai kapasitas yang mereka dapatkan di luar negeri,” imbuh Shanti.

 


Artikel yang berjudul “Nasdem: Kehadiran Diaspora di Tanah Air Masih Dianggap Sebagai Ancaman” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment